Rencana Mutasi Kepala SMA/SMK, Dikbud Kantongi Hasil Tes

Selong (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB dalam waktu dekat ini bakal melakukan mutasi besar-besaran terhadap kepala sekolah jenjang SMA/SMK. Dalam rencana mutasi itu, saat ini hasil tes bagi kepala sekolah (Kepsek) yang dilakukan beberapa waktu lalu sudah dikantongi.

Informasi tersebut disampaikan, Kepala Unit Layanan Dikmen dan PK-PLK Lotim, Saiful Islam, dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 18 Oktober 2017.

Iklan

Meski demikian, Saiful Islam mengakui dirinya belum mengetahui secara pasti kapan akan dilakukan mutasi. “Mutasi kepala sekolah dan kapan dilakukan mutasi tinggal menunggu waktu. Saat ini hasil seleksi atau tes sudah tuntas,” ujarnya.

Dalam rencana mutasi itu, Saiful menyebut ada beberapa alasan, baik itu dari kinerja dan lainnya. Di mana, untuk menjaring kepsek berkompetensi dan mampu menjadi pemimpin di suatu sekolah ke arah yang lebih baik, seluruh kepsek, mantan kepsek maupun pengawas sudah dikumpulkan untuk mengikuti tes psikometri maupun tes akademik.

 “Dari tes itu sudah ada gambaran. Tujuannya dilakukan tes agar dapat diketahui calon kepala sekolah baik dari segi mental maupun kemampuan manajerial. Dalam tes ini, pengawas yang ikut sebanyak empat orang,”ujarnya.

Ditegaskan Saiful Islam, bagi peserta tes calon kepsek yang kompetensinya bagus. Maka peluang untuk menduduki kursi kepsek baik di SMA maupun SMK cukup besar. Termasuk, kepsek yang menjadi peserta tes tidak memenuhi standar atau syarat penilaian, maka bersiap-siap akan diganti dengan calon kepsek yang hasil tesnya bagus.

Tujuannya tidak lain untuk melakukan penyegaran kepemimpinan di dalam lingkungan sekolah serta memajukan satuan pendidikan itu sendiri. “Mutasi merupakan hal yang biasa, jadi masyarakat kita harapkan tidak resah,” ujarnya. (yon)