Rekrutmen Guru PPPK 2021, Pemprov Minta Usulan 5.018 Formasi

H. Aidy Furqan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB berharap usulan 5.018 formasi dapat terakomodir semuanya dalam rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021. Sehingga, Pemprov tak akan lagi berbicara kekurangan guru dijenjang SMA/SMK dan SLB, tetapi akan fokus dalam peningkatan kualitas pendidikan.

“Kalau sekaligus 5.018 orang (bisa terakomodir). Maka selesai kita bicara tentang kekurangan guru. Tinggal menggenjot di mutu (pendidikan) saja,” kata Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., dikonfirmasi usai pertemuan di Ruang Kerja Gubernur, Senin, 18 Januari 2021.

Iklan

Aidy mengatakan dalam rekrutmen PPPK, Pemprov mengajukan 5.018 formasi guru SMA/SMK dan SLB. Terdiri dari 2.330 formasi guru SMA, 2.460 guru SMK dan 228 guru Sekolah Luar Biasa (SLB).

Berkaca dari usulan dalam rekrutmen PPPK tahun sebelumnya, kata Aidy, tidak semua usulan Pemda diakomodir. Dari usulan 2.700 orang dalam rekrutmen sebelumnya, hanya sekitar 200 orang yang terakomodir.

“Sekarang usulan formasi 5.018 orang, mudah-mudahan kita dapat 2.000 orang saja tahun ini, aman kita. Artinya, pengangkatannya bertahap,” katanya.

Aidy menuturkan, semula pihaknya mengusulkan formasi guru PPPK sebanyak 2.700 – 2.800 orang dengan perhitungan guru honorer yang memiliki jam mengajar selama 24 jam dalam seminggu.

Namun, belakangan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengambil jam mengajar guru honorer rata-rata 12 – 18 jam. “Mungkin sudah menghitung guru-guru yang akan masuk usia pensiun. Itu sebabnya, kalau angka 5.018 itu terwujud, luar biasa. Sangat mencukupi guru kita,” terangnya.

Guru honorer yang boleh ikut seleksi PPPK, kata Aidy, berusia antara 36 – 59 tahun. Dan mereka masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Mudah-mudahan tahun ini, 2.000 orang saja terakomodir,  aman sudah kita atur sekolah itu. Karena guru yang pensiun banyak, belum yang meninggal dunia,” tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional