Rekrutmen Diperkirakan September, Pemprov Ajukan 461 Formasi CPNS untuk Nakes dan Tenaga Teknis

Muhammad Nasir (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melakukan perbaikan usulan formasi CPNS 2021 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Usulan formasi CPNS sebelumnya yang berisi formasi guru, dialihkan ke formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam usulan yang terbaru, Pemprov mengusulkan sebanyak 471 formasi CPNS 2021. Sebanyak 461 formasi merupakan tenaga kesehatan (Nakes) dan tenaga teknis. Namun, ada 10 formasi CPNS yang khusus untuk guru agama.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir yang dikonfirmasi kemarin di Mataram menjelaskan perubahan usulan formasi CPNS 2021 tersebut setelah adanya rapat koordinasi di Bali, Desember lalu. Ia mengatakan, formasi guru dikeluarkan dari usulan formasi CPNS kecuali 10 formasi untuk guru agama.

‘’Sisanya (tenaga guru) akan diambil dari PPPK yang rencananya diangkat 1 juta guru PPPK tahun 2021. Kita sudah  mengusulkan 5.018 formasi PPPK tahun 2021,’’ sebutnya.

Nasir merincikan, sebanyak 471 formasi CPNS 2021, sebanyak 461 formasi untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis dan 10 formasi guru agama. Khusus untuk 461 formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis, terdiri dari 287 formasi tenaga kesehatan dan 184 formasi tenaga teknis.

Dari total 471 formasi CPNS 2021 yang diajukan, Nasir mengatakan jatah untuk masing-masing daerah kemungkinan akan keluar April mendatang. Namun, untuk rekrutmen CPNS 2021, diperkirakan akan mulai September.

‘’Pengalaman saja dari tahun sebelumnya, biasanya keluarnya (jatah CPNS untuk masing-masing daerah) bulan April. Kemudian biasanya pelaksanaannya bulan September mulai rekrutmen. Seperti rekrutmen CPNS tahun kemarin,’’ tandas Nasir. (nas)