Rekrutmen CPNS dan PPPK Tunggu Kebijakan Pusat

Salmun Rahman. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melalui Badan Pengembangan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) belum dapat memberikan keterangan pasti akan dibukanya rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2021. Pasalnya keputusan tersebut masih berada di pemerintah pusat.

Demikian disampaikan Kepala BKPSDM Lotim, Drs. Salmun Rahman, dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 17 Juni 2021.

Iklan

Ia mengaku sudah membangun komunikasi dengan pemerintah pusat terkait pelaksanaan CPNS pada tanggal 8 Juni lalu. Pihak dari Kemenpan-RB menyampaikan rekrutmen CPNS akan dibuka sekitar dua minggu ke depan.

 “Waktu saya ke Jakarta, Kemenpan-RB menyampaikan proses rekrutmen akan dibuka sekitar dua minggu lagi. Jadi sekitar akhir Juni ini,” terangnya.

Untuk itu, posisi Kabupaten Lotim sampai saat ini masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat pasca dilakukan penundaan pendaftaran pada bulan Mei lalu. Sedangkan Pemkab Lotim sangat siap untuk melaksanakan rekrutmen baik dari SDM maupun sarana prasarana. “Kita siap melaksanakan, kita punya gedung dan komputer CAT 100 unit,” sebutnya.

Adapun, Pemda Lotim diketahui hanya mendapat jatah kuota PPPK tahun 2021 sebanyak 407 formasi dan CPNS 102 formasi, sehingga totalnya 509 formasi. Pemda Lotim sudah mencoba melakukan lobi ke Kemenpan-RB untuk tambahan formasi, sayangnya pengajuan itu ditolak.

Kendati demikian, Salmun Rahman menegaskan harapan masih ada karena di tahun 2022 akan kembali dibuka rekrutmen CPNS dan PPPK. Bahkan formasi di tahun 2022 akan lebih banyak, sehingga menjadi peluang bagi masyarakat di Kabupaten Lotim. Terlebih Kemendikbud masih membutuhkan 1 juta PPPK, sementara posisi PPPK saat ini berkisar antara 500 orang. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional