Rekrutmen CPNS dan PPPK Diundur

Muhammad Nasir (Suara NTB/dok)

REKRUTMEN CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mundur dari rencana sebelumnya. Pasalnya, hingga saat ini, Pemda belum mendapatkan kuota formasi CPNS dan PPPK dari Pemerintah Pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir yang dikonfirmasi Senin, 5 april 2021 mengatakan Pemerintah Pusat akan membuka rekrutmen sekolah kedinasan terlebih dahulu. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan rekrutmen CPNS dan PPPK.

Iklan

“Seleksi sekolah kedinasan dulu baru seleksi CPNS. Untuk sekolah kedinasan, yang baru keluar pengumumannya baru IPDN dan STAN. Sementara yang lain belum,” kata Nasir.

Nasir menjelaskan, awalnya, pada akhir Maret, kuota formasi CPNS dan PPPK untuk masing-masing daerah sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). Namun, hingga awal April ini, kuota tersebut belum turun.

“Seharusnya bulan Maret sudah ditetapkan kuota untuk masing-masing daerah. Sampai hari ini belum ada, berarti (seleksi juga) CPNS mundur. Seluruh daerah belum mendapatkan kuota CPNS dan PPPK. Termasuk kapan tes PPPK belum. Tapi rencananya samaan CPNS dan PPPK,” katanya.

Pemprov NTB sudah mengajukan usulan 471 formasi CPNS dan 5.018 formasi PPPK 2021. Sebanyak 471 formasi CPNS yang diusulkan terdiri dari 287 formasi tenaga kesehatan, 184 formasi tenaga teknis dan 10 formasi guru agama. Sedangkan 5.018 formasi PPPK yang diusulkan tersebut, dengan rincian untuk  SMA 2.330 orang, SMK 2.460 orang dan SLB 228 orang.

Pemerintah memberi kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi abdi negara melalui rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021. Tahun ini, pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dari 1,3 juta formasi tersebut, jumlah kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak satu juta formasi, untuk pemerintah pusat sebesar 83 ribu formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189 ribu formasi. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional