Reaktif, PPTG dari Jakarta Dikarantina di Rusunawa Belisung

Tuwuh. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Seorang Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) menambah jumlah penghuni fasilitas karantina terpusat Rusunawa Belisung Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). PPTG yang diketahui merupakan warga desa Rempe, kecamatan Seteluk ini dibawa ke Rusunawa Belisung sejak tanggal 7 Juli setelah hasil tes cepatnya (Rapid Diagnostic Test – RDT) menunjukkan reaktif.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KSB, H. Tuwuh menjelaskan, PPTG asal desa Rempe ini sebelumnya melakukan perjalanan dari Jakarta dan tiba di KSB pada tanggal 2 Juli lalu. “Dia warga asli KSB,” katanya kepada Suara NTB, Rabu, 8 Juli 2020.

Iklan

Menurut H. Tuwuh, sebenarnya bersangkutan telah mengantongi hasil tes cepat dari Jakarta dengan hasil non reaktif. Namun oleh tim gugus tugas, sesampainya warga tersebut langsung mengarahkan menjalankan karantina mandiri dan melakukan prosedur tes cepat. Hal ini ditempuh gugus tugas karena asal kedatangan warga itu dari wilayah pandemi virus corona.

‘’Nah begitu hasil rapidnya keluar ternyata dia reaktif. Makanya langsung kita bawa ke Rusunawa (Belisung) untuk dikarantina,’’ papar H. Tuwuh.

Selain mengkarantina di Rusunawa Belisung, tim gugus tugas juga telah menindaklanjuti prosedur pengecekatan terhadap warga PPTG ini. Untuk mengetahui apakah hasil reaktif tes cepatnya mengarah positif terpapar Covid-19 atau tidak. Bersangkutan telah menjalani pengambilan sampel lendir saluran pernafasan untuk kebutuhan tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

‘’Sudah diambil sampelnya hari ini (kemarin). Mudah-mudahan hasilnya bisa keluar bersamaan dengan yang lain (2 orang pasien positif) dan hasilnya tentu harapan kita bisa negatif semuanya ya,’’ harap H. Tuwuh.

Dengan kehadiran satu orang pelaku PTTG itu, saat ini jumlah penghuni fasilitas karantina khusus Rusunawa Belisung berjumlah 4 orang. Rinciannya 2 orang pasien positif Covid-19 atas nama Tn. WS dan An. Nh. Satu orang pasien sembuh bernama Tn. S yang masih mendampingi anaknya Nh menjalani karantina dan terakhir PPTG asal Desa Rempe itu sediri. (bug)

  KSB Hibahkan Rp 5 Miliar untuk Ponpes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here