Rawan Kebakaran di Gili Trawangan Dilaporkan Melalui NTB Care

Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat meninjau langsung kebakaran di Gili Trawangan belum lama ini.Foto :Diskominfotik

Mataram (NTB Satu) – Sebuah akun sebelumnya melaporkan kejadian kebakaran di kawasan wisata Gili Trawangan dua pekan lalu.  Akun adim yuliadin meyampaikan tidak hanya kebakaran, juga harapan bantuan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di kawasan wisata itu.  Sebab kebakaran marak terjadi di destinasi wisata dunia tersebut.

Melalui portal https://care.ntbprov.go.id, netizen meminta bantuan langsung Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah.

Iklan

“Bang Zulkieflimansyah beberapa kebakaran hebat terjadi belakangan ini di Gili Trawangan. Sudah saatnya Destinasi Kelas Dunia ini mendapatkan kelengkapan unit unit pemadam kebakaran, sehingga kedepan tidak lagi kesulitan jika ada kejadian bencana kebakaran,” kata akun adim yuliadin.

Sebelumnya terjadi kebakaran pada pemukiman warga sekaligus penginapannya, ada juga kebakaran di TPA tempat FMPL mengolah sampah.“Semua hanya dapat pertolongan seadanya,” tulis adim yuliadin lagi.

Admin Persandian NTB Care langsungmerespon.  “Terimakasihinformasinyatelah kami sampaikankeinstansiterkait,” tulis admin.

Keluhan itu direspon admin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB.

“Terimakasih atas masukan dan sarannya, mengenai kekurangan sarana Damkar di wilayah Gili dan sekitarnya, Pemprov NTB dengan Pemkab KLU tengah mencari solusi yang terbaik untuk meminimalisir dampak kebakaran kedepannya,” tulis admin BPBD NTB.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah sebelumnya merespon dengan meninjau langsung lokasi kebakaran di Gili Trawangan yang menghanguskan belasan kamar Hotel Sunset Palm Resort, Selasa (9/11/2021).

Kebakaran yang terjadi hampir membuat bangunan hotel rata dengan tanah.  Pria yang akrab disapa Bang Zul ini bersyukur tidak ada korban jiwa dan berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali.

Dia pun mengimbau kepada para pemilik vila atau properti agar tetap menempatkan pengelola atau petugas keamanan untuk menjaga aset – aset miliknya. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita semua. Mohon kepada para pemilik properti di tempat-tempat wisata usahakan jangan meninggalkan aset dalam keadaan tak berpenghuni. karena alasan apapun,” ucapnya dikutip dari portal resmi Pemprov NTB, Rabu 10 November 2021.

Bang Zul juga mengingatkan kepada stakeholder yang hadir bahwa kehadiran staf atau pengelola merupakan hal vital.

“Pencegahan dan pertolongan pertama bisa segera dilakukan jika ada penjaga atau staf terhadap bencana-bencana seperti kebakaran ini,” katanya.

“Masyarakat harus tetap waspada hati-hati jangan membuang rokok sembarangan, bisa vatal akibatnya seperti kebakaran ini,” ucapnya.

Terkait pemdam kebakaran, Gubernur NTB juga berjanji akan mencarikan solusi, khususnya untuk daerah yang belum memiliki pemadam kebakaran seperti GiliTrawangan.

“Dengan Pak Wabup KLU, kami akan coba kami carikan solusi agar kalau terjadi kebakaran di tempatyang  belum ada Damkarnya seperti Gili ini ada cara lain yg praktis untuk segera memadamkan api,” katanya. (tim)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional