Ratusan Pegawai dan Karyawan PDAM Bima Terancam Dirumahkan

Kantor PDAM Bima . (Suara NTB/uki)

Bima (Suara NTB) – Ratusan pegawai dan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bima terancam dirumahkan karena kondisi Perusahaan yang saat ini tidak berjalan dan nyaris dinyatakan tidak sehat.

“Saat ini kondisi PDAM sedang tidak baik-baik. Kondisinya sakit. Ratusan pegawai dan karyawan terancam dirumahkan,” kata Direktur Utama PDAM Bima, Khaeruddin ST MT, Kamis, 2 September 2021.

Iklan

Ia mengaku, selain dihadapkan masalah internal perusahaan yang tidak sehat, ratusan pegawai dan karyawan terancam dirumahkan karena ada beberapa masalah eksternal. Seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima sebagai pemilik PDAM yang tengah mengevaluasi kondisi perusahaan.

“Belum lagi rekomendasi hasil audit BPK Provinsi serta adanya aturan dan ketentuan yang mengharuskan karyawan dan pegawai dirumahkan,” ujarnya.

Menurut dia, pegawai dan karyawan PDAM tidak digaji selama ini akibat tidak disiapkan biaya operasional rutin setiap tahun oleh Pemkab Bima. Karena tidak ada biaya itu, pengelolaan PDAM Bima tidak lagi berjalan efektif, sehingga tidak ada penghasilan yang diperoleh perusahaan.

“Jika perusahaan berjalan, hasil atau pendapatannya bisa untuk menggaji karyawan dan pegawai. Karena Menurut UU, PDAM tidak digaji oleh Pemerintah, tapi dari hasil yang dikelolanya,” ujarnya.

Khaerudin menambahkan, ada 140 pegawai dan karyawan PDAM Bima. Dari ratusan itu, tidak ada seorang pun termasuk Direksi dan Direktur Utama yang pernah mendapat gaji selama 28 bulan. “Sampai sekarang yang sudah memasuki 28 Bulan semua pegawai dan karyawan tidak mendapat gaji,” ujarnya.

Terkait persoalan yang dihadapi PDAM, Ia juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab Bima selaku pemilik PDAM. Hanya saja belum disikapi, karena Rancangan Perda penyertaan modal BUMD masih dibahas oleh DPRD Kabupaten Bima bersama Pemerintah. “Yang jelas nasib PDAM Bima dan ratusan pegawai yang belum digaji ini setelah ada pengesahan Perda tentang penyertaan modal BUMD,” pungkasnya. (uki)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional