Ratusan Miliar Anggaran Pemkot Belum Dieksekusi

Mataram (Suara NTB) – Menjelang akhir tahun anggaran 2017, ratusan miliar anggaran milik Pemkot Mataram belum dieksekusi. Pada postur anggaran Kota Mataram di tahun 2017 mencapai Rp 1,4 triliun. Anggaran yang telah terpakai sekitar Rp 862 miliar. Artinya, sekitar Rp 538 miliar anggaran belum digunakan.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, Ir. H.M. Syakirin Hukmi mengungkapkan, belum dieksekusinya secara maksimal anggaran di 2017, karena terjadinya perubahan. Perubahannya terutama di organisasi perangkat daerah (OPD) baru dibentuk, sehingga menunggu perubahan. “Ada OPD yang belum pas, karena keterbatasan waktu,” kata Syakirin pekan kemarin.

Iklan

Secara pasti aku Syakirin, belum menyebutkan jumlah anggaran yang belum terpakai. Tetapi, penggunaan dana hingga September diakui kecil. Sebab, ada pergeseran di masing – masing OPD sehingga tidak bisa dilaksanakan lebih awal. Apalagi, APBD Perubahan diketok 25 September. “Kemungkinan di triwulan ketiga kecil serapan. Karena menunggu perubahan anggaran,” ucapnya.

Tetapi dia juga mengakui, selain menunggu perubahaan anggaran, ratusan miliar anggaran yang tidak bisa dieksekusi tersebut akibat perubahan nomenklatur. (cem)