Ratusan Anggota Polres Lotim Jalani Tes Urine Mendadak

Selong (Suara NTB) – Dalam upaya menekan aparat penegak hukum terlibat kasus narkoba. Sebanyak 250 anggota Polres Lombok Timur (Lotim), menjalani tes urine oleh tim dari Mapolda NTB. Tes urine dilakukan secara mendadak untuk menghindari adanya anggota yang tidak hadir.

Kapolres Lotim, AKBP. Wingky Adhitiyo Kusumo, SIK, melalui Waka Polres Lotim, Kompol Nanang Budi Santosa, SIK, mengatakan, tes urine dilakukan untuk menekan kasus penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Lotim, tes urine dilakukan langsung oleh Tim Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB.

Iklan

“Kegiatan ini sebagai upaya membersihkan personel dari bahaya narkoba. Mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Pemeriksaan urine dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Bhayangkara bersama Sat Resnarkoba dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkoba,”ungkap Wakapolres.

Di tempat terpisah, Kasat Reserse Narkoba Polres Lotim, AKP. Prayit Harianto, SH mengatakan, pelaksanaan tes urine selain untuk mendeteksi dini keterlibatan oknum polisi dalam penyalahgunaan narkoba. Langkah ini juga sebagai upaya memberikan contoh kepada masyarakat, sehingga aparat kepolisian tidak hanya melakukan pembasmian barang haram dengan menangkap para pelaku. Namun, memberantas narkoba juga harus dimulai dari aparat penegak hukum itu sendiri.

”Kita melakukan pengecekan apakah anggota tersebut bersih atau tidak agar jangan sampai penegak hukum yang semestinya menegakkan hukum malah memakai atau menggunakan narkoba,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Prayit berharap kerjasama dari semua elemen masyarakat untuk tidak takut melaporkan atau memberikan informasi kepada pihak kepolisian apabila melihat atau menemukan orang-orang yang bermain-main dengan masalah narkoba. Ditegaskan, jika ada yang terbukti menyalahgunakan narkoba, maka pihaknya tidak segan- segan untuk menindaknya,” janjinya. Dari tes urine mendadak yang dilaksanakan itu, tidak ditemukam adanya personel yang terindikasi sebagai pemakai atau pengguna narkoba. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here