Ratusan Anak Usia Dini Ikuti Lomba Tahfiz Al Qur’an Bank NTB Syariah

Peserta dan antusias mengikuti lomba tahfiz Bank NTB Syariah.  (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Bank NTB Syariah menggelar Lomba Tahfiz Al Qur’an sebagai rangkaian awal Pameran Property dan Umrah yang akan dilaksanakan pada 12-15 Maret 2020 di Lombok Epicentrum Mall (LEM).

Lomba Tahfiz Al Qur’an diselenggarakan untuk anak-anak usia dini, dari TK dan SD. Ratusan peserta ikut ambil bagian. Di mana, babak penyisihan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 7 dan 8 Maret 2020. Lomba dilaksanakan bertahap. Hari pertama, kesempatan untuk nomor urut peserta 001-500. Hari kedua, nomor urut peserta dari 501-878.

Iklan

Dua hari pelaksanaan di pelataran utara Islamic Center, masjid terbesar yang menjadi simbol peradaban Islam di Nusa Tenggara Barat ini ramai pengunjung. Masing-masing peserta diantar orang tua, dan keluarganya. Di luar Islamic Center, lomba yang dilaksanakan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) NTB ini juga menjadi peluang bagi para pedagang kecil yang tak ketinggalan mengambil kesempatan.

Semua peserta dan orang tua sangat antusias. Hafalan surat dalam Al Qur’an yang dilombakan. TK (QS. Al. Ashr – An Nas), SD kelas 1-3 (Al Fajr – At Takatsur), SD kelas 4-6 ( An Naba – Al Ghasiyah). Masing-masing tingkat, diambil 15 terbaik. Atau total 45 terbaik yang masuk final dan dilombakan pada gelaran Pameran Perumahan dan Umrah di LEM.

Kategori penilaiannya, Tahfiz, Tajwid, dan Fasohah Adab. Dewan jurinya melibatkan,  TGH. Abdul Manan, Lc, MA. TGH. Dr. Abdul Aziz Sukarnawadi, MA. Dr. H. Subhan Abdullah, MA. TGH. Suparman, Lc.,MA dan Ustadzah Suknah.

Orang tua peserta lomba menyambut baik, sekaligus mengapresiasi kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Bank NTB Syariah ini.

L. Yopi Dian Sastro dari Jatisela, Lombok Barat mengatakan segmen lombanya melibatkan anak-anak usia dini akan menambah wawasan pengetahuan anak-anak usia emas tentang agama dan keyakinannya.

Menurutnya, dengan memperbanyak kegiatan keagamaan, pembangunan manusia tidak saja terfokus pada akademik. Lebih dari itu, terbangun benteng keyakinan yang kuat yang menjadi filter bagi masa depan tunas-tunas bangsa. “Kegiatan seperti ini harus reguler dilaksanakan . dan lebih luas lagi,” demikian harapannya.

Hal yang sama juga diutarakan L. Agus dari Kota Mataram. Dengan lomba tahfiz Al Qur’an ini, orang tua memiliki wadah untuk menguatkan rohani anak-anaknya. Tentu lomba ini adalah melatih anak-anak usia dini. Apalagi didukung oleh bank daerah sendiri untuk membentuk karakter anak – anak NTB sedari dini.

“Kegiatan ini sangat bagus, bisa melatih mental anak, ajang silaturrahim, ajang menggeliatkan ekonomi dengan banyaknya pedagang-pedagang kecil. Kita juga berharap sesering mungkin dilakukan,” demikian L. Agus.

Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo mengatakan, untuk kedua kalinya di dua tahun terakhir, Bank NTB Syariah melaksanakan pameran properti. Tahun 2020 ini, Bank NTB Syariah ingin tampil beda dari tahun lalu.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan, di antaranya Lomba Tahfiz, Lomba Foto Pariwisata NTB dan Lomba Busana Muslim. Kenapa lomba tahfiz? H. Kukuh mengatakan, sesuai dengan karakter masyarakat NTB yang sudah dikenal religius dengan julukan bumi seribu masjid. Banyak pondok pesantren yang melahirkan santri-santri tahfiz.

“Untuk membumikan dan mensyiarkan itu, salah satunya Bank NTB Syariah ingin berkontribusi bahwa ditengah tantangan generasia , ternyata minat atau keinginan anak-anak menghafal Al Qur’an tetap besar,” ujarnya.

Lomba Tahfiz ini menurutnya sebagai wadah untuk anak-anak mengembangkan  bakat mereka dalam menghafal Al Qur’an. Selama tiga pekan pendaftaran dibuka, lebih dari 800  peserta yang mendaftar. Bahkan potensinya lebih besar lagi. Banyak yang beranggapan pendaftaran dibuka hingga tanggal 12 Maret 2020 dengan total hadiah Rp20 juta.

“Harapan kami, sejalan dengan konversi Bank NTB Syraiah dari konvensional ke syariah penuh, paling tidak  bank daerah ini sudah berkontribusi melakukan pembinaan ummat, menanamkan kecintaan kepada Al Qur’an sejak dini. Semoga  Allah SWT dengan ini memberikan bantuan kepada Bank NTB Syariah  untuk tumbuh dan bermanfaat bagi ummat,” demikian H. Kukuh.(bul)