Ratusan Anak Muda NTB akan Segera Dikirim Belajar ke Sejumlah Negara

Kepala Biro Kerjasama Setda NTB, Ahmad Nur Aulia (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Ratusan anak muda NTB tamatan SMA/SMK dan Sarjana Strata I (S1) akan dikirim ke sejumlah negara pada 2019 ini. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc terus menjajaki peluang kerjasama program beasiswa anak NTB belajar ke luar negeri.

‘’Gubernur melakukan penjajakan dan punya relasi yang banyak. Akhir bulan ini kita mau ke Malaysia menandatangani MoU dengan salah satu univeritas di sana,’’ kata Kepala Biro Kerjasama Setda NTB, Ahmad Nur Aulia, S. STP dikonfirmasi Suara NTB, Selasa (5/2) siang.

Iklan

Ia mengatakan, pengiriman mahasiswa NTB kuliah S2 atau pascasarjana di Malaysia jumlahnya tak terbatas. Pada Agustus mendatang, 15 anak muda NTB dari Bima dan Dompu akan diberangkatkan ke Negeri Jiran Malaysia.

‘’Pengiriman mahasiswa ke Malaysia sebanyak-banyaknya. Kebetulan di sana ada putra NTB yang menjadi dosen pada salah satu universitas di Malaysia, Pak Dr. Salman Fariz. Beliau intens berkomunikasi dengan civitas akademika, sehingga akan dikirim mahasiswa NTB sebanyak-banyaknya,’’ kata Aulia.

Selain ke Malaysia, anak-anak muda NTB juga akan dikirim belajar ke Cina. Kuota untuk pengiriman calon mahasiswa asal NTB lulusan SMA/SMK ini sebanyak 500 orang.

Pengiriman anak-anak NTB kuliah D3 di Cina sudah berlangsung sejak empat tahun terakhir. Tahun lalu, sebanyak 20 orang lulusan SMA/SMK yang mendapatkan beasiswa kuliah D3 di Cina.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Drs. H. Muh. Suruji mengatakan, gubernur menginginkan agar semakin banyak lagi anak-anak NTB yang dapat beasiswa tersebut. Bahkan kata Suruji, gubernur berharap ada 500 anak muda NTB yang kuliah D3 dan S1 di Cina. Dinas Dikbud sudah menyiapkan 1.700 anak NTB lulusan SMA/SMK untuk program D3 dan S1.

Aulia menambahkan beberapa hari lalu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc juga menjajaki peluang kerjasama pengiriman anak-anak NTB kuliah di Jerman dan Perancis. Anak-anak muda NTB lulusan terbaik SMA/SMK dan MA, berpeluang mendapatkan beasiswa ke Jerman dan Perancis. Akan disiapkan sebanyak 100 orang lulusan terbaik SMA/SMK dan MA melanjutkan studi di benua Eropa.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc bertemu Direktur Euro Asia yang akan membantu program pengiriman anak-anak  lulusan SMA/MA dan SMK  ke Jerman dan Perancis.

Gubernur menjelaskan, kriteria calon mahasiswa yang diterima tentunya  cerdas secara akademik melalui serangkaian proses seleksi. Khusus untuk  Ketua OSIS, Paskibraka, Pramuka, PMR, Organisasi Pencinta alam dan lain-lain  akan diberikan prioritas.

Awal Maret mendatang  akan ada seleksi ke masing-masing kabupaten/ kota di NTB untuk  memilih 100 calon mahasiswa terbaik yang akan mendapatkan beasiswa ke Jerman dan Perancis.

Dikatakan, untuk calon mahasiswa yang akan dikirim  ke Jerman dan Perancis tidak perlu kemampuan Bahasa Jerman dan Perancis. Karena bulan Mei 2019 ini yang lulus akan dikarantina di Jakarta selama enam  bulan untuk  persiapan bahasa dan lainnya. Kemudian Januari 2020 berangkat ke Jerman dan Perancis. Bidang yang akan dipelajari engineering, IT, fashion, kuliner dan lainnya. (nas)