Ratusan “Buyers” akan Ikuti “International Halal Travel Mart”

Mataram (Suara NTB) – Belum lama ini telah dibuat paket wisata halal untuk wisatawan yang mengunjungi NTB. Sehingga untuk pertama kalinya di Indonesia diadakan “International Halal Travel Mart” yang akan diikuti 300 buyers dari dalam dan luar negeri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan potensi wisata halal di NTB kepada wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

“Sudah terkonfirmasi sebanyak 30 orang dari Malaysia, Singapura dan Negara Timur Tengah akan datang untuk mengikuti International Halal Travel Mart. Sementara itu akan ada juga kurang lebih 250 buyers dari Indonesia yang akan datang  juga sekaligus mengikuti Rakernas ASITA,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB H.L.Muh.Faozal,S.Sos.,M.Si, di Mataram, Senin, 19 September 2016 kemarin.

Iklan

Faozal mengatakan bahwa perkembangan wisatawan muslim ke NTB semakin baik. Terlebih dengan adanya paket wisata halal yang telah dibuat oleh ASITA NTB. Apalagi jumlah wisatawan muslim dari Malaysia yang dikatakan paling mendominasi untuk wisatawan mancanegara. Sementara itu, pergerakan wisatawan muslim nusantara juga dianggap cukup baik. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini semakin banyak wisnus yang mendatangi NTB.

“Malaysia sudah lebih dulu bermain di industri ini, tidak ada salahnya kalau kita gandeng Malaysia untuk pasar wisata halal. Apalagi jumlah wisatawan yang datang dari Malaysia ke NTB juga semakin hari semakin baik,” ujarnya.

Diketahui bahwa target kunjungan wisatawan mancanegara ke NTB sebanyak 1,5 juta orang, begitupula target kunjungan wisatawan nuasantara yang mencapai 1,5 juta orang. Dengan jumlah target yang sama, maka promosi yang dilakukan juga sama. Faozal berharap melalui International Halal Travel Mart ini, target transaksi yang mencapai Rp 11 milyar dapat tercapai. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan juga bisa bertambah.

“Kita berharap target transaksi dapat tercapai, selain itu kita juga berharap melalui travel mart ini jumlah kunjungan wisatawan kita bisa semakin bertambah, terutama wisatawan muslim yang memang menjadi target paket wisata halal ini,” ujarnya. (lin)