Rasionalisasi Belanja OPD

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

PEMPROV NTB menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) RAPBD Perubahan 2021. Dalam penyusunan KUA – PPAS RAPBD Perubahan 2021, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) NTB kembali melakukan rasionalisasi program/kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

‘’Hari-hari ini, kita sedang berkonsentrasi bagaimana melakukan rasionalisasi program/kegiatan dalam rangka penyusunan APBD Perubahan,’’ ujar Ketua TAPD NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., di Kantor Gubernur, Kamis, 12 Agustus 2021.

Iklan

Sekda NTB ini mengatakan, rasionalisasi belanja yang dilakukan bukan berarti TAPD tidak memahami keadaan masing-masing OPD. Namun, apa yang dilakukan TAPD untuk memenuhi struktur belanja dalam APBD Perubahan 2021.

Sehingga, ia meminta OPD segera melakukan input program dan kegiatan dalam APBD Perubahan 2021. ‘’Kemudian hal-hal lainnya, TAPD juga sedang berjuang keras untuk mencari solusi-solusi perjalanan sisa waktu sampai berakhirnya tahun anggaran 2021,’’ terangnya.

Selain itu, kata Sekda, TAPD juga sedang menyiapkan APBD murni 2022. ‘’Oleh karenanya, mari sama-sama apa yang menjadi perencanaan pemerintah. Termasuk dalam mengawal APBD Perubahan maupun APBD 2022,’’ katanya.

Pemprov NTB telah menyerahkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2021 ke DPRD NTB dalam rapat paripurna pada Kamis, 12 Agustus 2021. KUA-PPAS perubahan APBD diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Postur belanja dalam  RAPBD Perubahan 2021 tersebut mengalami peningkatan sebesar 5,58 persen dari belanja pada APBD murni tahun 2021. Belanja dalam APBD murni 2021 yang ditetapkan sebesar Rp 5,52 triliun lebih, dalam APBD perubahan direncanakan meningkatkan menjadi Rp 5,58 triliun lebih.

Sedangkan struktur pendapatan daerah dalam APBD Perubahan juga mengalami peningkatan sebesar 4,86 persen atau sebesar Rp 5,73 triliun lebih dari alokasi belanja pada APBD murni yang sebesar Rp5,47 triliun lebih. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional