Rapimnas ICA, Dorong Inovasi Kuliner Daerah

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah (tengah) bersama Ketua DPD ICA NTB, Anton Sugiono (kanan) beserta jajaran saat pembukaan Rapimnas ICA, 29 Juni 2021.(Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Indonesian Chef Association (ICA) NTB mendorong industri kuliner daerah dapat lebih dikenal dalam industri wisata kuliner di Indonesia. Semangat tersebut ditunjukkan dalam kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dengan tema Kreatif dan Tangguh dalam Era Menghadapi Normal Baru Industri Kuliner, Selasa, 29 Juni 2021.

Ketua DPD ICA NTB, Anton Sugiono menyebut seluruh perwakilan juru masak yang mengikuti rapimnas siap mempromosikan kuliner khas dari daerah masing-masing sebagai ikon pariwisata. Khusus untuk NTB, sekitar 120 orang juru masak professional anggota ICA NTB mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Golden Palace tersebut.

Iklan

“Jadi kita sepakat lebih mengutamakan masakan khas daerah, baik di hotel maupun di resort-resort kita. Tidak lagi yang disajikan itu mengarah pada western food,” ujar Anton ditemui di sela-sela kegiatan. Dengan begitu, anggota ICA ditekankannya bukan sekadar juru masak, melainkan agen promosi dan inovator untuk makanan khas daerah agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Dengan adanya rapim ini paling tidak kita harapkan ada peningkatan SDM untuk daerah masing-masing, terutama yang tergabung dalam organisasi kita. Kita juga bersinergi dengan pemda dan pemerintah pusat, juga Kementerian Pariwisata untuk menggalakkan kuliner daerah di Indonesia ini,” ungkapnya. Upaya tersebut juga dilakukan dengan menjalin kolaborasi dengan dunia pendidikan.

Terlebih pelaku usaha yang tergabung dalam ICA menjadi salah satu penyerap tenaga kerja baru yang dihasilkan dari sekolah-sekolah kejuruan dan sekolah tinggi pariwisata. “Kita juga ikut menyusun kurikulum untuk itu. Kita minta tidak lagi mengacu pada western food, tapi lebih mengajarkan inovasi untuk masakan Indonesia,” ujar Anton. Menurutnya, untuk penyerapan tenaga kerja di NTB sendiri telah cukup bagus.

Selain pengenalan kuliner khas daerah, pada rapimnas tersebut juga disiapkan untuk menyongsong Musyawarah Nasional 2022 dengan agenda pergantian Presiden ICA Nasional. “Di sini sekaligus penyampaian visi-misi dari calon presiden berikutnya. Kita membangun semangat, harus tangguh menghadapi kondisi new normal Covid-19 itu,” tandasnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengapresiasi rapimnas yang diselenggarakan oleh ICA NTB. Menurutnya, seluruh anggota ICA NTB adalah profesional yang memiliki ketahanan dan kemampuan untuk terus bangkit di tengah masa sulit. “Mudah-mudahan melalui kegiatan rapim ICA ini industri kuliner bisa lebih kreatif, dan mendorong peningkatan lebih baik untuk kedepannya,” ujarnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional