Rapikan Barisan Wujudkan NTB Gemilang, Gubernur Perintahkan Asisten Kumpulkan Kepala OPD

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah menggelar halal bihalal di Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Senin, 17 Mei 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., menggelar halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur, Senin, 17 Mei 2021. Kegiatan tersebut dihadiri Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Asisten, Staf Ahli dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov NTB.

Melalui momentum silatirahmi tersebut, Gubernur berharap suasana kerja kembali seperti sebelum pandemi tentunya dengan protokol kesehatan. Secara khusus, Gubernur meminta kepada Asisten I, II dan III mengumpulkan OPD di bawah koordinasi masing-masing untuk merapikan barisan dalam rangka percepatan mewujudkan visi dan misi NTB Gemilang.

Iklan

“Dulu, kita rapim (rapat pimpinan) hampir setiap minggu, tiap hari Rabu. Sehingga kebersamaan dan program-program bisa kita internalisasi menjadi lebih baik,” kata Gubernur.

Namun, tidak ada yang menyangka pandemi Covid-19 berkepanjangan sampai saat ini. Sehingga rapim yang direncanakan selalu tertunda. Untuk itu, Gubernur meminta agar rapim kembali digelar.

“Saya sudah meminta Asisten II untuk mengumpulkan dinas-dinas yang berada dikoordinasinya. Untuk merapikan barisan di tengah situasi refocusing (anggaran),” katanya.

Supaya program dan kegiatan di masing-masing OPD terus berjalan. Gubernur menekankan, tidak perlu banyak program unggulan di masing-masing OPD. Cukup satu atau dua saja dengan kondisi yang ada saat ini.

“Sehingga masyarakat betul-betul merasakan program yang kita sampaikan,” ujarnya.

Gubernur yang akrab disapa Dr. Zul ini menambahkan, setelah mengumpulkan OPD-OPD yang berada di bawah koordinasi Asisten II. Pada saatnya juga akan dipanggil Asisten I dan Asisten III. Untuk mendapatkan lapporan tentang koordinasi OPD-OPD di bawahnya.

“Sehingga enam visi dan misi bisa kita gesa kembali untuk diwujudkan,” imbuhnya.

Dr. Zul mengajak Sekda, Asisten dan seluruh Kepala OPD untuk kembali bekerja dan bersinergi dengan kabupaten/kota. Karena bagaimanapun tak mungkin suatu program atau kegiatan dikerjakan sendiri.

“Silaturahmi kita perbanyak bukan saja secara virtual. Tetapi secara fisik kita datangi kabupaten/kota, kita sinergikan apa yang bisa dilakukan bersama. Mudah-mudahan NTB Gemilang bukan hanya cita-cita tapi bisa kita harapkan,” tandasnya.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., menyebutkan anggaran yang direfocusing mencapai Rp167 miliar. Kepala Bappeda sudah mengumpulkan OPD dan ada kesediaan untuk dipotong anggarannya sebanyak Rp76 miliar.

Tetapi dalam perkembangannya, kata Sekda, ada program/kegiatan OPD yang sudah tereksekusi dan lainnya. Sehingga anggaran yang berhasil direfocusing hanya Rp48 miliar.

“Sehingga kami simulasi ulang berbagai kegiatan dan itu berproses. Dan satu, dua hari ini akan selesai (refocusing),” janjinya.  (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional