Rapid Antigen, Enam Pegawai Pegadaian Reaktif Covid-19

Maman. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Enam pegawai BUMN Pegadaian di Kabupaten Dompu, terpaksa harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama beberapa hari. Pasalnya, mereka ditemukan mengidap gejala terpapar Covid-19, sesuai hasil rapid antigen yang dilakukan jajaran Kimia Farma. Temuan itu bahkan sempat membuat manajemen menutup sementara waktu pelayanan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman, Skm., MMKes dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 16 Februari 2021 membenarkan adanya pegawai Pegadaian yang reaktif Covid-19. Mereka tersebar pada beberapa cabang, seperti Unit Nowa, Karijawa dan kantor induk di Kelurahan Bali I. “Karena reaktif mereka langsung diarahkan untuk isolasi mandiri,” ungkapnya.

Iklan

Setelah diarahkan untuk isolasi mandiri, lanjut dia, tim medis puskesmas langsung dikerahkan untuk mengambil sampel swab mereka, tepatnya pada Tanggal 12 Februari 2021. Dari waktu pengambilan sekaligus pengiriman sampel ke Laboraturium SumbawaTeknopark tersebut, sampai saat ini pihaknya belum menerima rilis resmi terkait hasil pengujian. Karenanya, enam pegawai bersangkutan masih harus menjalani isolasi mandiri.

Soal penutupan sementara waktu pelayanan, bukan atas arahan pihaknya melainkan kebijakan internal manajemen setelah mengetahui bahaya penularan Covid-19. “Itu kebijakan manajemen Pegadaian, kalau kita begitu mendapat laporan seseorang reaktif sarannya harus isolasi mandiri dulu,” jelasnya.

Jika hasil rapid antigen reaktif, menurut dia, 80 persen sampel swab yang diambil biasanya mengarah ke positif Covid-19. Untuk itu, sebelum ada hasil resmi dari laboraturium pasien mesti tetap bertahan menjalani isolasi.

Kalaupun akhirnya dinyatakan positif, mereka terpaksa menjalani perawatan intensif di pusat karantina milik pemerintah seperti Wisma Terpijar Desa Matua atau rumah sakit umum. “Setelah ada hasil itu baru kita bisa kontak tracing dan menganjurkan yang bersangkutan isolasi di Wisma Terpijar,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional