Rampung, Infrastruktur Kelistrikan di Sirkuit Mandalika akan Diuji Coba

Progres pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang telah rampung 100 persen. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) -Sejak Desember 2020, PLN telah mulai mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Saat ini ini, progress fisik di Mandalika sendiri telah rampung 100 persen.
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat, Lasiran menjelaskan bahwa PLN telah berhasil menuntaskan pembangunan tiga jalur yang akan menyuplai kebutuhan listrik dalam gelaran ajang World Superbike yang akan digelar bulan November 2021. Ketiga jalur tersebut yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol.
“Progress fisik untuk seluruh infrastruktur sudah 100 persen. Peralatan yang akan menyuplai listrik di Jalanan Kawasan Khusus sudah siap di lokasi,” ujar Lasiran.

Saat ini, PLN fokus proses terakhir yaitu penyelesaian instalasi komponen dan juga peralatan yang telah berada di lokasi untuk selanjutnya dilakukan commissioning test. Cubicle PLN, yang merupakan peralatan terakhir yang disiapkan oleh PLN untuk menyuplai listrik di Mandalika, terutama di Jalan Kawasan Khusus (JKK) telah terpasang di Gardu Hubung Mandalika.

Iklan

“Ketika semua peralatan sudah ter-install dan commissioning test berhasil, itu artinya PLN sudah siap untuk menyuplai JKK,” jelas Lasiran.
Lasiran juga menyampaikan bahwa dari sisi ketersediaan daya, PLN saat ini juga telah mempersiapkan diri. Pasokan listrik untuk gelaran WSBK pastinya akan diprioritaskan untuk mendapatkan jaminan kualitas dan keandalan.
“Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, terutama Indonesia Tourism Development Center (ITDC) yang akan menjadi pelanggan kami, sehingga pelaksanaan pembangunan fisik untuk mendukung perhelatan akbar ini dapat berlangsung dengan baik,” ujar Lasiran.

Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung kesuksesan gelaran balap motor paling bergengsi sejagat tersebut. Dikatakannya, ITDC membutuhkan dukungan PLN untuk memastikan suplai listrik aman, terutama di kawasan JKK.

“Kami berterima kasih atas kerja keras dari PLN dalam merespon kebutuhan kami akan suplai tenaga listrik. Kami berharap sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik,” ucap Bram.
PLN dan ITDC pun berharap dapat terus bersinergi untuk memberikan yang terbaik dalam persiapan event World Superbike (WSBK) yang akan dihelat dalam waktu dekat dan juga MotoGP di tahun 2022.

Sebelumnya, PLN NTB dan ITDC telah menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli tenaga Listrik pada bulan Juli lalu. PLN telah mempersiapkan daya sebesar 5,19 MVA dengan tarif layanan premium gold hanya untuk kebutuhan listrik di sirkuitnya saja.(bul) 

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional