Rafiq Ingatkan Penggunaan Dana Covid-19 di Desa Harus Sesuai Aturan

Abdul Rafiq. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq S.H, menyatakan penggunaan anggaran Covid dari dana desa harus sesuai aturan dan dapat dipertanggung jawabkan. Kepada pihak kepolisian dan kejaksaan diminta untuk dapat memantau pelaksanaannya di lapangan.

“Saya berharap penggunaan anggaran Covid 19 untuk menangani dampak kesehatan dan ekonomi di desa dilaksanakan sesuai dengan aturan dan dapat dipertanggung jawabkan. Saya yakin Pak Kajari dan Pak Kapolres akan atensi masalah ini. Karena kami sepaham dalam pengawasan penggunaan dana-dana untuk rakyat,”kata Rafiq yang juga Ketua DPC PDI P Sumbawa, Rabu, 11 Agustus 2021.

Iklan

Rafiq mengusulkan agar desa yang menggunakan dana Covid sesuai aturan dapat diberikan reward atau hadiah. Sebaliknya bagi desa yang melanggar dalam pelaksanaannya maka perlu ditindaklanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku. Sebab ini adalah uang rakyat yang semestinya dapat dipertanggungjawabkan.

Diketahui, kebijakan minimal 8 persen dari dana desa untuk penanganan Covid 19 di tingkat desa telah tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Keuangan  Nomor  : SE-2/PK/2021 tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2021 dan Instruksi Kementerian Desa/Inmendesa Nomor 1 Tahun 2021. “Minimal 8 persen dari dana desa itu harus diperuntukkan untuk penanganan Covid,” sebutnya.

Kemudian berdasarkan Instruksi Menteri Desa PDTT Nomor 1/2021 tentang penggunaan dana desa tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPKM skala mikro di desa, maka dana desa dapat digunakan untuk PPKM Skala Mikro sesuai kewenangan desa. Melalui instruksi ini, maka pemerintah desa diminta melakukan sejumlah tindakan. Seperti melakukan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan maupun penanganan pandemi. Setidaknya ada tiga prioritas penggunaan dana desa di tahun 2021 ini. Pertama untuk BLT, kedua Penanganan covid dan ketiga peningkatan perekonomian desa. (arn)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional