Rabitah Dipastikan Tidak Berasal dari Lombok Barat

Mataram (suarantb.com) – Demi menjawab kejanggalan data dalam dokumen keberangkatan TKW Sri Rabitah, hari ini, Sabtu, 11 Maret 2017 suarantb.com mencoba mendatangi Dusun Kebun Indah, Desa Sesela, Lombok Barat. Alamat tersebut tertera dalam berita acara seleksi calon TKI tertanggal 30 April 2014 yang dikeluarkan Disnakertrans Lombok Barat.

Sesampai di Dusun Kebun Indah, suarantb.com berusaha mendatangi Kepala Dusun Kebun Indah. Sayangnya Kadus yang bersangkutan sedang tidak berada di tempat. Beruntung, di lokasi suarantb.com bertemu dengan seorang Kader Dusun Kebun Indah, Hasiah yang tengah memantau kegiatan Posyandu. Ditanya mengenai warga bernama Sri Rabitah, ia mengaku tidak ada warga bernama Sri Rabitah yang menetap di sana.

Iklan

Hasiah mengaku mengetahui nama Rabitah dari pemberitaan media. Ia juga menjelaskan sudah ada pihak dari kantor imigrasi pusat yang mendatanginya terkait isu Rabitah. Terutama perihal Kartu Keluarga (KK) yang disebutnya sengaja dipalsukan.

“Sudah ada orang dari imigrasi dari pusat ketemu kepala desa, saya juga ikut. Kami dikasih lihat KK-nya kantor desa. Sepertinya KK itu dipalsukan, karena dia bukan warga sini,” jelasnya.

Hasiah sangat yakin dengan kepalsuan KK tersebut, pasalnya sebagai Kader ia mengaku mengenal semua warga yang menetap di dusun itu. Ditambahkannya pula, alamat pada KK yang dimiliki Rabitah tidak lengkap. Padahal Dusun Kebun Indah memiliki jumlah RT yang lengkap.

“Alamat di KK itu ndak lengkap, ndak ada RT-nya. Padahal di sini RT lengkap semua ada, mulai dari RT 1-10,” paparnya.

Melihat kasus Rabitah ini, wanita paruh baya ini menjelaskan memang ada seorang yang diduga sebagai calo aktif di dusun tersebut. Dan calo ini disebut biasa membuatkan KK untuk melengkapi dokumen perjalanan calon TKI.

“Dulu kan mudah buat KK, jadinya calo banyak yang ngurus KK. Tapi itu sebelum ada e-KTP, sekarang sudah ada e-KTP sih susah,” ucapnya.

Menurut Hasiah, Rabitah yang disebutnya berasal dari Dayan Gunung menggunakan jasa calo asal Dusun Kebun Indah. Kemudian oleh calo ia dibuatkan KK palsu dengan alamat dimana calo itu berasal.

Selain Sri Rabitah, suarantb.com juga berusaha mencari informasi tentang Juliani yang namanya tercantum bersama Rabitah dalam berita acara tersebut. Namun sayangnya, Hasiah juga meyakinkan bahwa yang bersangkutan bukanlah warga Dusun Kebun Indah Desa Sesela Lobar.

Dengan adanya temuan ini, agaknya bisa ditarik kesimpulan bahwa satu data dalam dokumen keberangkatan Rabitah telah dimanipulasi. Entah itu dilakukan dengan persetujuan yang bersangkutan atau tidak. Karena sedang dalam masa penyembuhan, Rabitah belum bisa dikonfirmasi terkait temuan ini. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here