Rabadompu Barat Masuk Program 100 Desa/Kelurahan Cantik Nasional Tahun 2021

Pencanangan - Pemkot dan BPS Kota Bima saat pencanangan Kelurahan Rabadompu Barat sebagai Kelurahan Cinta Statistik (Cantik), Selasa, 15 Juni 2021.(Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Pemkot dan BPS Bima menggelar Pencanangan Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) di Aula Kelurahan Rabadompu Barat Kecamatan Raba, Kota Bima, Selasa, 15 Juni 2021. Kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Walikota Bima Bidang Ekonomi dan Pembangunan, perwakilan Bappeda, Diskominfotik, Camat Raba dan unsur kelurahan.

Pencanangan ini merupakan upaya bersama yang mencerminkan tekad dan komitmen untuk menjadikan Rabadompu Barat sebagai wilayah percontohan dalam meningkatkan kompetensi aparatur kelurahan, baik dari sisi pengelolaan maupun pemanfaatan data.

Iklan

Berdasarkan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, peran desa kelurahan sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting. Pemerintah desa bahkan dituntut untuk mampu menyelenggarakan kegiatan statistik di wilayah masing-masing dalam rangka mendukung penguatan tata kelola pemerintahan dan peningkatan pembangunan di tingkat desa atau kelurahan.

Sesuai dengan visi dan misinya, salah satu kewajiban BPS adalah memberikan pembinaan kepada K/L/D/I melalui sistem statistik nasional (SSN) yang berkesinambungan, termasuk sampai dengan tingkat desa. Oleh karena itu, pada tahun 2021 BPS mulai merancang suatu program pembinaan statistik sektoral tingkat desa melalui Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Dari 100 desa/kelurahan di Indonesia, Kelurahan Rabadompu Barat terpilih sebagai Desa Cantik untuk mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), bahkan menjadi satu-satunya desa/kelurahan di Pulau Sumbawa yang terpilih menuju Desa Cantik. Tiga desa/kelurahan lainnya berada di pulau Lombok.

Kepala BPS Kota Bima, Ir. Peter Willem menegaskan komitmennya mendampingi dan memberi pembinaan untuk Kelurahan Rabadompu Barat.

“Kami berharap agar Desa Cantik dapat dianugerahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada Kelurahan Rabadompu Barat. BPS Kota Bima dalam hal ini akan mandampingi Kelurahan Rabadompu Barat menuju Desa Cinta Statistik yang dapat menjadi embrio perwujudan kelurahan cantik lainnya di Kota Bima.”

Sementara itu, Walikota Bima yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Lalu Sukarsana, S. IP., dalam kesempatan itu menyatakan bahwa kelurahan bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kebijakan pembangunan di Kelurahan dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat,” ungkapnya.

Dengan terpilihnya Kelurahan Rabadompu Barat sebagai Kelurahan Cantik, diharapkan dapat menjadi tonggak dan pendorong bagi pembangunan desa yang berkelanjutan sesuai dengan terget SDG’s Desa. Pembangunan kelurahan berkelanjutan, kata dia, tentu saja membutuhkan kerjasama semua pihak yang dimulai dengan memperbaiki kualitas data yang dimiliki, sehingga setiap langkah atau program yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah desa menjadi tepat sasaran dan mampu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional