Puteri Indonesia NTB Ikut Program Rutin Dispar Bersih-bersih Kawasan Wisata

Putri Indonesia NTB ikut aksi bersih-bersih kawasan wisata di Senggigi yang menjadi program rutin Dispar (Ekbsi NTB/her)

AKSI berwisata sambil bersih-bersih Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) kali ini sedikit berbeda. Kali ini, jajaran Dispar bergabung dalam kegiatan bersih-bersih di kawasan wisata Senggigi yang dinamakan “Senggigi Clean Up”.Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama Lombok Ocean Care (LOC).

Kegiatan juga diikuti oleh sejumlah Perangkat Daerah Pemkab Lobar dan beberapa komunitas seperti Rotary Club Mataram Lombok, Lombok Box, Velo Girls, Green Valley Community, Portir Indonesia Internasional, BEM Universitas Mataram (Unram) dan Pokdarwis Pesona Senggigi.

Iklan

“Tidak hanya komunitas, perwakilan Puteri Indonesia NTB juga turut serta dalam kegiatan yang dimulai sejak pagi,”kata Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam akhir pekan kemarin.

Akhkam sangat mengapresiasi antusias banyak pihak dalam Senggigi Clean Up kali ini. Menurutnya, aksi ini membuktikan bahwa kesadaran tentang kebersihan telah menjadi kebutuhan banyak pihak, bukan hanya satu atau dua pihak terkait saja.

“Isu tentang kebersihan, isu tentang keindahan tidak menjadi kesadaran yang sifatnya parsial lagi, tapi sudah menjadi kesadaran yang universal. Mudah-mudahan akan menunjukkan eksistensi di kemudian hari untuk lebih kontinyu memperhatikan lingkungan kita,” kata Akhkam.

Sementara itu, Baiq Indah dari Rotary Club Mataram saat ditemui di tengah aksi bersih-bersih juga menaruh harapan yang sama agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan secara rutin. Dengan begitu kesadaran dari semua pihak mampu terbangun dan pada akhirnya mewujudkan suatu daerah dengan lingkungan yang bersih, indah dan mampu memberikan kenangan.

“Kebetulan Rotary juga mempunyai konsen dan area fokus tentang lingkungan hidup. Jadi ini merupakan kegiatan yang sangat positif yang bisa kami ikuti secara rutin dengan Dispar atau dengan komunitas yang lainnya,” ucap Indah semangat.

Ia berharap kepariwisataan Lobar yang sedang berusaha bangkit di tengah pandemi Covid-19 ini bisa secepatnya pulih dengan adanya semangat yang kuat serta kerjasama dari semua elemen masyarakat dan pemerintah yang ada.

“Memang  sekarang karena Covid-19 semua tempat sangat terpuruk. Tapi semoga dengan semangat kita bersama, semua elemen masyarakat kita mendukung bagaimana pariwisata Lombok Barat bisa bangkit. Ramaikanlah, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang memang sudah ditetapkan,” pesannya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional