Puskesmas Baru di Dompu Segera Difungsikan

Bangunan Puskesmas Kempo yang baru di Dusun Rasabou Desa Taa  Kecamatan Kempo sudah rampung dikerjakan dan tinggal ditempati untuk pelayanan.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu membangun empat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) baru di Dompu tahun 2019. Bangunan yang sudah rampung tersebut akan segera dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan. Kendati dibangun gedung baru Puskesmas, bangunan lama akan tetap difungsikan untuk rumah dinas dan layanan kesehatan lainnya.

“Hari ini kita rencananya menyerahkan kunci bangunan puskesmas baru ke kepala Puskesmas Kempo dan Soriutu. Kalau yang Calabai, sudah dari dulu kita serahkan,” kata kepala bidang sumber daya kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Abubakar Husain kepada Suara NTB di kantornya, Kamis, 6 Februari 2020.

Iklan

Penyerahan kunci bangunan puskesmas baru tidak lantas langsung dimanfaatkan untuk pelayanan. Tapi kepala Puskesmas bisa mulai membersihkan dan menyiapkan fasilitas untuk pelayanan. “Kalau peresmian pemanfaatan bangunan baru kita menunggu Kepala Dikes (yang masih dalam masa perawatan),” kata Abubakar.

Abubakar mengatakan, untuk Puskesmas Calabai akan dimanfaatkan bersama – sama sebagai puskesmas, mengingat wilayah Pekat yang luas. Namun pemanfaatannya masih akan menunggu tahapan proses administrasi. Berbeda dengan puskesmas Kempo dan Soriutu yang langsung memanfaatkan bangunan puskesmas baru untuk pusat layanannya. “Kalau puskesmas lama akan tetap dimanfaatkan untuk Pustu dan rumah dinas,” katanya.

Terkait harapan KUA Kecamatan Kempo direlokasi dari bangunan kantornya saat ini yang berada di belakang Puskesmas Kempo yang baru dipindah ke sebagian bangunan Puskesmas Kempo lama, disambut baik Abubakar. Karena bangunan kantor KUA tersebut bisa dijadikan fasilitas kesehatan untuk puskesmas dan memperluas area Puskesmas Kempo. “Tapi itu bukan ranahnya kita di Dikes, tapi jadi ranahnya Pemda (Bupati),” katanya. (ula)