Pusat Transfer Gaji untuk P3K Pemkot Mataram

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Keuangan telah mentransfer dana alokasi umum (DAU) sekitar Rp9,3 miliar. Anggaran ini dialokasikan untuk rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyebutkan, anggaran tersebut diransfer bersamaan dengan dana kelurahan.

Iklan

Disampaikan Nelly, mengakomodir 52 P3K yang lolos tahun 2019 lalu, tidak mungkin pemerintah pusat menstranfer anggaran besar. Tetapi kemungkinan ada signal perekrutan kembali pegawai non pegawai negeri sipil.

“Bayangkan kami kalau hanya untuk 52 P3K tahun lalu. Ndak mungkin anggaran sebesar itu,” kata Nelly.

Dijelaskan, rekrutmen tahun lalu, lebih banyak tenaga guru dan penyuluh. Kepastian rekrutmen tahun ini masih menunggu petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Disinggung nasib P3K yang lolos pada seleksi tahun 2019 lalu. Keputusan juga menunggu arahan dari pemerintah pusat. Tenaga honorer yang telah lulus diminta tidak cemas. Sebab, anggarannya telah siap. Persoalan ini juga sama dirasakan oleh honorer seluruh Indonesia.

“Kalau sudah ada juklak – juknis tinggal dibuatkan surat keputusan saja untuk eksekusi anggaran itu,” tandasnya.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur, H. Ahmad Mujahiddin menambahkan, pihaknya belum berani melakukan pemberkasan terhadap dokumen pelamar P3K yang lolos passing grade tahun lalu. BKN belum mengeluarkan petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksanaan.

“Apa dasar kita kalau terima berkas orang. Sampai sekarang belum kita terima juklak – juknisnya,” jelasnya.

Diakui, Pemprov NTB telah melakukan pemberkasan. Hal itu akan sia –sia karena BKN tidak akan menerima dokumen apapun selama aturan belum keluar. Oleh karena itu, 52 pelamar tersebut diminta bersabar dan menunggu kepastian dari pemerintah pusat. Bisa dipastikan pengangkatan segera dilakukan. Tahun ini juga diwacanakan pengangkatan P3K. (cem)