Pusat Panggilan Gawat Darurat Tak Kunjung Beroperasi

Mataram (suarantb.com) – Pusat panggilan gawat darurat atau call centre Kota Mataram tak kunjung beroperasi. Padahal persiapan telah dilakukan sejak tahun lalu dan beberapa bulan lalu, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram juga telah menyiapkan kantor pusat panggilan ini.

Dikonfirmasi perihal ini, Kepala Dishubkominfo Kota Mataram, H. Khalid mengatakan operasional pusat panggilan tersebut masih menunggu kesiapan pemerintah pusat. Sebab dalam hal ini, pelatihan tenaga operasional dan peralatan disiapkan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Iklan

Khalid mengungkapkan, Kota Mataram telah mempersiapkan sejumlah petugas yang akan ditempatkan di kantor pusat panggilan gawat darurat. Personil yang disiapkan sebanyak 12 orang operator, dan tiga orang petugas pengawasan.

“Kita sudah diundang oleh pusat. Memang semua perangkatnya itu kita disuruh menunggu, datang akhir November ini. Tapi sampai sekarang kita masih menunggu,” ungkapnya, Rabu, 30 November 2016.

Khalid mengaku telah dua kali menerima panggilan dari pusat, dan juga telah mengirimkan nama-nama petugas dari Dishubkominfo Kota Mataram yang akan bertugas di kantor pusat panggilan gawat darurat yang berada di kompleks Pendopo Walikota Mataram itu.

Operasional baru bisa dimulai setelah perangkat tersebut diterima dan para operator telah dilatih. Khalid belum dapat memastikan kapan mulai dioperasikan sebelum ada kabar dari pemerintah pusat. “Kapan kita launching, itu kita tunggu juga. Kalau segala sesuatunya telah dipersiapkan, baru kita bisa launching itu call centre kita,” pungkasnya.

Pusat panggilan gawat darurat ini ditujukan untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat khususnya ketika memerlukan bantuan darurat seperti kebakaran, tindakan kriminal, dan lain sebagainya. Konsep pusat panggilan gawat darurat ini mengadopsi 911 di Amerika Serikat. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here