Pupuk Kaltim Serahkan  Bantuan Pupuk dan Bibit Bawang Putih

Selong  (suarantb.com) – Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan bantuan berupa pupuk dan bibit bawang putih kepada para petani di Desa Sembalun, Lombok Timur, Kamis, 2 Maret 2017. Kegiatan ini sendiri merupakan bentuk realisasi dari rangkaian kegiatan BUMN pada tanggal 27-28 Januari 2017.

“Saat itu, pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh PT. Pupuk Kaltim kepada petani bawang putih, yang langsung disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno,” ujar Direktur Komersil Pupuk Kaltim, Gatot Gebiro Noegroho.

Iklan

Acara penyerahan bantuan dihadiri Wakil Bupati Lombok Timur,  H. Haerul Warisin. Hadir juga GM Pemasaran PSO PT. Pupuk Kaltim,  Syamsu Alamsah, Sekretaris Perusahaan PKT Budi Wahju Soesilo, Manager Pemasaran PSO 1, Managemen Pupuk Indonesia dan Manajemen PKT. Selain itu, hadir pula beberapa perwakilan dari beberapa dinas terkait dan para petani setempat.

Bantuan yang disalurkan berupa pupuk dan bibit senilai Rp 150 juta. Dengan realisasi penyerahan bantuan berupa pupuk NPK16-16-16, pupuk hayati ecofert, biodekomposer biodex senilai Rp 24 juta, dan bibit bawang putih sebanyak 1,8 ton dengan nilai mencapai Rp 126 juta.

Selanjutnya, Pupuk Kaltim juga akan melakukan demplot (demonstration plot) di dua titik dengan luas masing-masing titik  satu hektar. Selain penyiapan pupuk dan bibit, pendampingan bersama instansi terkait juga akan dilakukan.

“Untuk demplot, anggaran yang akan digelontorkan Pupuk Kaltim sebesar Rp 220 juta. Hasil panen demplot tersebut nantinya akan diserahkan seluruhnya kepada para petani,” ujarnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian Pupuk Kaltim, untuk dapat  mengembalikan kejayaan produksi bawang putih di Desa Sembalun.

“Agar petani mendapat motivasi untuk meningkatkan produksinya maupun menambah luas lahan tanam bawang putih,” pungkas Gatoet.

Dalam kesempatan tersebut, PT Pupuk Kaltim mewakili PT Pupuk Indonesia sebagai hoding company dalam meresmikan dua PI (Pupuk Indonesia) Mart yang berlokasi di Lombok Timur dan Lombok Tengah. Dikatakan M Yusri selaku panitia launching, adanya kios ini dalam upaya menyukseskan program ketahanan pangan nasional, melalui kemudahan pelayanan dan pengadaan pupuk bagi petani.

Pupuk Indonesia Persero selaku holding company Produsen melalui anak perusahaannya, mengintruksikan penyesuaian desain tampilan kios yang ada di masing-masing wilayah pemasaran, menggunakan desain Pupuk Indonesia dengan nama seragam.

“Keberadaan PI Mart juga bertujuan untuk mempermudah masyarakat di sekitar wilayah pemasaran, untuk mendapat informasi produk pupuk bersubsidi maupun non subsidi. Serta mempermudah penyediaan berbagai jenis kebutuhan pupuk,” ujarnya.

Yusri juga  mengatakan jika PI Mart merupakan salah satu kios pupuk resmi pertama yang ada di NTB. Dan bentuk sinergi yang sangat baik antara Pupuk Indonesia melalui anak perusahaannya.

“Kami harap penyeragaman seluruh kios yang berada di wilayah pemasaran produsen pupuk dibawah naungan Pupuk Indonesia Persero dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (hvy/*)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional