Puncak Bau Nyale, Tak Banyak Nyale Muncul

Praya (suarantb.com) – Hari ini, Jumat, 17 Februari 2017 merupakan puncak perayaan Festival Bau Nyale 2017. Ribuan warga yang telah memadati Pantai Seger, Lombok Tengah pun berduyun-duyun turun ke laut untuk menangkap Nyale. Nyale, sejenis cacing laut yang diyakini merupakan jelmaan dari Putri Mandalika.

Sayangnya, menurut pantauan suarantb.com jumlah nyale yang muncul hanya sedikit.

Iklan

Pengakuan dari para pemburu nyale juga mengatakan hasil tangkapannya lebih sedikit dari sebelumnya. Bahkan banyak yang pulang dengan tangan hampa.

Salah seorang pemburu nyale, Amek mengaku sudah mulai berburu sejak pukul 03.00 dini hari. Namun, hasil yang didapat hanya sedikit. Bahkan kurang dari seperempat botol ukuran 600 mililiter.

“Kemarin dan kemarin malamnya lagi saya ke sini dapat, adalah nyalenya. Sekarang sudah ndak ada ini. Padahal saya nyari dari jam tiga,” katanya

Nyale yang didapat Amek dibawa pulang untuk dikonsumsi keluarga. “Biasanya dimasak macam-macam, banyak yang suka di rumah. Tapi ada juga sih yang ndak suka atau ndak bisa makan,” ungkapnya.

Senada dengan Amek, Iman juga pagi ini pulang dengan tangan hampa.

“Saya cuma dapat satu biji. Malam Kamis kemarin saya dapat banyak. Setiap tahun saya sering dapat, tahun-tahun kemarin banyak.  mungkin sekarang sedikit karena lebih banyak yang datang,” ujarnya. (ros)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here