Puluhan Warga Kota Bima Terjangkit DBD

Sekretaris Dikes Kota Bima,  Ahmad (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Jumlah warga di Kota Bima yang terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) terus meningkat dari hari ke hari. Bahkan sejumlah warga diantaranya terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit untuk menjalani perawatan medis.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima tercatat ada sebanyak 43 warga yang terjangkit penyakit DBD hingga saat ini. Jumlah itu terhitung sejak peralihan musim kemarau ke musim penghujan.

“Sejak masuk musim hujan sampai saat ini, ada sebanyak 43 orang terjangkit DBD di Kota Bima,” kata Sekretaris Dikes Kota Bima, Ahmad, S.Sos, akhir pekan kemarin.

Bahkan berdasarkan diterima oleh pihaknya, ada beberapa warga yang dilarikan ke Rumah Sakit lantaran terjangkit DBD, belum lama ini. Sampai saat saat ini masih dirawat intensif.

“Hampir setiap minggu kita terima laporan adanya warga yang terjangkit kasus DBD,” katanya.

Ahmad mengutarakan laporan adanya warga yang terjangkit DBD tersebut akan menjadi sampel bagi pihaknya untuk ditindaklanjuti dengan cepat. Mengantisipasi agar kasus tersebut tidak menjangkit warga lain atau ke wilayah lain.

“Kita cek ke lapangan apakah kasus yang dialami warga ini karena DBD atau tidak supaya diantisipasi cepat,” katanya.

Menurut Ahmad untuk mencegah dan mengantisipasi meningkatnya kasus DBD, pihaknya melakukan sosialisasi. Pembagian bubuk abate untuk membasmi jentik nyamuk yang bersarang di penampungan air.

“Serta melakukan fogging (pengasapan-red). hal ini sudah kita lakukan akhir tahun 2018 dan awal Tahun 2019 kemarin, dengan menyasar beberapa wilayah Kelurahan di Kota Bima,” katanya.

Selain tindakan tersebut, Ahmad juga meminta masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat. Membersihkan lingkungan serta membuang sampah ditempat yang semestinya atau gerakan Menguras, Menutup dan Mengubur (3M). “Gerakan 3M ini harus terus dilakukan karena juga sangat efektif membasmi jentik nyamuk DBD,” pungkasnya. (uki)