Puluhan Rumah di Loteng Rusak Akibat Puting Beliung

Praya (Suara NTB) – Angin puting beliung menerjang Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng), Jumat, 24 Maret 2017. Akibatnya, puluhan rumah porak-poranda. Masyarakat yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah saudara dan tetangga. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut.

Data yang diperoleh Suara NTB, Sabtu, 25 Maret 2017, sebanyak 39 rumah warga yang rusak dalam musibah tersebut. Paling parah dialami warga di dua dusun, yakni Dusun Bolok sebanyak 22 rumah ditambah 17 rumah di Dusun Tenang Baru.

Iklan

“Kondisi rumah yang terkena musibah ada yang rusak parah dan ada yang rusak ringan,”  terang Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, H. Chairil Ishak.

Kerusakan yang dialami rata-rata berupa atap rumah, baik yang menggunakan genteng maupun atap asbes. “Untuk kerugian materil belum bisa diperkirakan. Karena masih didata oleh tim,” tambahnya.

Kejadian berlangsung sekitar pukul 17.00 wita. Saat itu, hujan mau turun di wilayah Desa Segala Anyar. Tiba-tiba angin kencang bertiup dan menyapu dua dusun. Angin kencang bertiup cukup lama hingga menyebabkan atap rumah warga beterbangan.

Begitu mendapat informasi tersebut, tim dari BPBD Loteng langsung turun bergerak dengan membawa bantuan terpal bagi warga yang terkena musibah, sebanyak 20 lembar. “Terpal ini bentuknya pinjam pakai. Hanya untuk sementara, supaya warga tidak sampai basah karena hujan,” terangnya.

Rencananya, tim dari BPBD Loteng akan turun kembali ke lokasi kejadian guna melakukan pendataan ulang, jumlah rumah yang rusak. Termasuk nilai kerugian yang dialami warga sekaligus menginventarisir kebutuhan masing-masing warga yang jadi korban musibah puting beliung. (kir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here