Puluhan Atlet NTB Ikuti Gashuku dan Ujian

Sebanyak 85 atlet ikuti Gashuku dan Ujian Dan Zona IV di gelanggang Pemuda Mataram, Kamis, 6 Februari 2020. (Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 85 atlet karate NTB ambil bagian di Gashuku dan Ujian Dan Zona IV Inkai NTB yang berlangsung di Gelanggang Pemuda Mataram, Kamis, 6 Februari 2020. Gashuku tersebut dipimpin oleh Dewan Guru Inkai Pusat, Sihan Abdul Kadir dan Sihan Reinhard Willa.

Pantauan Suara NTB di lokasi, Gashuku dan Ujian Dan juga dihadiri oleh Ketua Pengprov Inkai NTB, Farid Makruf dan Sekretaris Umum Pengprov Inkai, H. Hasmudin.

Iklan

Sekretaris Panitia Gashuku dan Ujian Dan Zona IV Inkai, Faqihi mengatakan kegiatan Gashuku tersebut merupakan kegiatan latihan bersama untuk penyeragaman gerakan atlet yang sudah berlatih di masing-masing Pengcab kabupaten/kota Inkai NTB. Gashuku tersebut melibatkan atlet sabuk coklat Kyu I (satu) dan Dan I (satu).

“Bagi atlet yang sabuk Coklat Kyu satu akan diuji gerakannya untuk naik sabuk Dan I (satu). Sedangkan Dan satu diuji untuk naik Dan dua,” ucap Faqihi. Dalam ujian itu masing-masing atlet diminta untuk memperagakan gerakan dasar Kihon (karate), kemudian dilanjutkan dengan gerakan kata dan kumite.

Faqihi menjelaskan, Gashuku dan Ujian Dan Zona IV Inkai itu merupakan rangkaian kegiatan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) yang sebelumnya telah digelar oleh Inkai NTB tanggal 3-5 Februari lalu. Dimana Kejurprov tersebut melibatkan ratusan atlet dari kabupaten/kota di NTB.

Hasil Kejurprov yang sudah berlangsung tiga hari tersebut, pihak Inkai NTB memilih sebanyak 50 atlet dan enam ofisial yang akan mewakili NTB di Kejurnas Inkai di Jakarta, 21-23 Februari mendatang.

Kohai atau karateka yang mengikuti ujian, diharapkan tetap melanjutkan latihan secara giat. Ujian tingkat kyu itu adalah ujian pengurangan ketidaktahuan seseorang tentang karate. Dengan latihan dan ujian, sedikit demi sedikit ketidaktahun itu makin berkurang hingga habis. (fan)