Pullman Dikebut, Seluruh Hotel Sudah CHSE

Foto udara kompleks Hotel Pullman di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kuta, Lombok Tengah, NTB, baru-baru ini.(ant/bali post)

PERSATUAN Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi NTB sudah juga siap menyambut penyelenggaraan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada minggu ketiga November 2021 ini.

Salah satu kesiapan terutama soal penyediaan kamar hotel bagi seluruh tamu, atau wisatawan yang akan datang menyaksikan balap motor kelas dunia ini untuk pertama kalinya di Indonesia. Ketua PHRI Provinsi NTB Ni Ketut Wolini, menyebut saat ini ada 16.000 kamar hotel tersedia di NTB. terutama hotel-hotel bintang. Seluruhnya akan terisi, bahkan di hotel yang ada di gili-gili. Karena tidak cukup dengan estimasi jumlah penonton yang akan datang, homestay-homestay juga akan digunakan.

Iklan

“Hotel-hotel sudah di-booking sama panitia. Terutama hotel-hotel yang ada di ring satu KEK Mandalika, sudah di-booking semuanya,” katanya pada Suara NTB pekan kemarin.

Berdasarkan hasil koordinasi PHRI, panitia rencananya akan menjual sebanyak 30.000 tiket. Namun belum dipastikan berapa riilnya yang akan dijual.

Dari estimasi jumlah tamu ini, Wolini mengatakan masih kekurangan kamar hotel. Karena itu, tak menutup kemungkinan hotel-hotel yang ada di Bali juga akan kecipratan. Tamu-tamu yang menginap di Bali, skenarionya akan difasilitasi kapal cepat untuk menyaksikan WSBK di Sirkuit Mandalika.

Wolini menegaskan, selain kesiapan 16.000 kamar hotel, syarat utamanya  lainnya adalah sertifikat CHSE (protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan). Seluruh hotel anggota PHRI beserta staf hotel sudah juga melakukan vaksinasi. Wolini menyebutnya bahkan sudah 100 persen. “Kami dari perhotelan sudah siap sekali,” demikian Wolini.

Pullman Dikebut

Salah satu hotel yang saat ini terus dikebut penyelesasaian pembangunannya adalah Hotel Pullman Mandalika yang progresnya dilaporkan telah melampaui 90,66 persen.

Hotel bintang lima yang pertama dibangun oleh ITDC di kawasan The Mandalika ini sendiri ditargetkan tuntas target penyelesaian sekaligus operasional pada pada kuartal IV tahun 2021 ini.

“Kami terus mengupayakan percepatan penyelesaian pembangunan Pullman Lombok Mandalika Beach Resort untuk memenuhi target operasi pada Kuartal IV 2021. Dengan begitu, hotel ini bisa dimanfaatkan untuk menambah ketersediaan kamar pada saat event-event yang berlangsung di kawasan The Mandalika nantinya,” sebut Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro belum lama ini.

Sepanjang kuartal IV 2021 dan memasuki Kuartal I 2022 mendatang, ada beberapa event besar yang akan digelar di kawasan The Mandalika. Antara lain Hutama Karya Endurance Challenge 2021 dan Mandalika Ultra Trail 100. Termasuk WSBK dan MotoGP 2022. Penyelenggaraan event-event tersebut pastinya memerlukan ketersediaan sarana akomodasi yang representatif.

“Kehadiran hotel Pullman Mandalika nantinya bisa menjawab kebutuhan akan akomodasi di kawasan The Mandalika,” tandas seraya menambahkan dari data yang ada di zona barat kawasan The Mandalika saat ini sudah tersedia 379 kamar. Terdiri dari 302 kamar hotel berbintang 4 dan 77 kamar hotel kelas melati. Dengan tambahan Hotel Pullman Mandalika maka total kamar yang tersedia sebanyak nantinya menjadi 636 kamar. Ke depannya, jumlah akomodasi yang ada di dalam Kawasan The Mandalika diperkirakan akan mencapai lebih dari 1.700 kamar. (bul/kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional