Pulihkan Ekonomi, Mendagri Ingatkan Jangan Tumpuk Realisasi Anggaran di Akhir Tahun

H.Muhammad Tito Karnavian (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., mengingatkan Pemda supaya jangan menumpuk realisasi anggaran di akhir tahun. Hal ini ditekankan saat penandatanganan kerja sama dan nota kesepahaman antara 34 Gubernur  dengan Kepala Perwakilan BPKP se-Indonesia secara virtual yang dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Rabu, 2 Desember 2020.

Mendagri meminta daerah mempercepat belanja APBD pada 2021 mendatang. Belanja modal dan barang jasa diminta dapat dieksekusi sejak awal rahun anggaran. “Saya minta yang bisa dikerjakan saat ini, kerjakan. Yang bisa dieksekusi bulan Januari, Februari, Maret, yang bisa dibelanjakan, belanjakan,” pintanya.

Iklan

Realisasi belanja daerah per triwulan harus dibelanjakan secara merata. Baik di kuartal I, II, III dan IV. “Jangan ditumpuk di kuartal IV. Karena perlu ada recovery sejak awal tahun 2021. Jadi harus ada belanja semenjak Januari,” ujarnya mengingatkan.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama Inspektorat diminta untuk mengawal realisasi anggaran. Sehingga belanja APBD dapat mendorong pemukihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang dikonfirmasi usai kegiatan tersebut mengatakan belanja daerah akan diatur pada setiap triwulannya secara merata. Realisasi belanja yang sebagian besar sering menumpuk di akhir tahun, supaya jangan sampai terjadi lagi di tahun depan.

“Sekarang kan kita pemulihan. Kalau pemulihan itu mesti harus didongkrak di kuartal I itu harus kencang, supaya pertumbuhan ekonominya baik,” kata Wagub.

Wagub mengatakan Pemprov NTB optimis pertumbuhan ekonomi di triwulan IV 2020 akan jauh lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang masih minus satu persen lebih. Apalagi dengan mempercepat belanja di triwilan I 2021 mendatang, ekonomi NTB diyakini akan semakin membaik. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional