Pulau Kenawa Mulai Dibuka Bagi Wisatawan

Pemandangan Pulau Kenawa

Taliwang (Suara NTB) – Sempat ditutup di awal pandemi Covid-19, kini pulau Kenawa mulai dibuka untuk wisatawan. Pembukaan destinasi wisata bahari di kecamatan Poto Tano itu sudah berlangsung sekitar 2 pekan terakhir. Dan sejak dibuka tingkat kunjungan ke salah satu pulau di gugusan Gili Balu itu cukup tinggi.

“Alhamdulillah banyak yang datang berkunjung sejak kami buka,” terang Camat Poto Tano, Agusman kepada Suara NTB, Selasa, 21 Juli 2020.

Iklan

Ia menjelaskan, sama halnya sebelum ditutup akibat pandemi virus corona. Tingkat kunjungan paling tinggi terjadi pada akhir pekan. Umumnya didominasi oleh wisatawan lokal. “Sudah ada juga turis asing tapi jumlahnya belum banyak ya,” kata Agus.

Meski telah dibuka, kegiatan kunjungan ke pulau Kenawa disebutkan Agus, pihaknya menerapkan, protokol pencegahan Covid-19. Setiap pengunjung diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) minimal bermasker. Di lokasi para pengunjung juga diarahkan menjaga jarak, termasuk saat proses pengangkutan menuju pulau.

“Pengangkutan ke pulau kami batasi. Kalau mereka satu kelompok tidak apa-apa sekali jalan menyeberang,” timpalnya.

Selanjutnya, Agus mengatakan, dibukanya kembali kunjungan wisatawan ke pulau Kenawa sangat disambut antusias warga, terutama warga desa Poto Tano. Karena dari kedatangan wisatawan, geliat ekonomi masyarakat kembali hidup.

“Yang berdagang di sekitar dermaga sudah jualan lagi. Begitu juga yang punya sampan menyeberangkan pengunjung bisa operasi lagi. Karena kan hampir 2 bulan lebih mereka menganggur,” sambung Agus.

Lebih jauh Agus menambahkan, dibukanya kembali wisata ke Kenawa pihaknya berharap masyarakat turut mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebab selama pandemi virus itu masih terjadi, potensi penyebarannya sangat terbuka.

“Kami mohon kesadaran warga terutama yang terjun langsung di aktivitas wisata Kenawa patuhi aturan kesehatan yang berlaku. Tentu kita tidak mau ada kaus baru karena Kenawa kita buka lagi,” imbuhnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here