PTAMNT Tegaskan Roster Kerja Batu Hijau Sesuai Aturan

Taliwang (Suara NTB) – Roster kerja yang diterapkan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di proyek tambang Batu Hijau masih terus menjadi sorotan. Kendati begitu perusahaan sejauh ini tetap bergeming dan menilai jadwal kerja 4:2 (4 minggu kerja dan 2 minggu libur) tersebut telah memenuhi kaidah seluruh aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Penegasan terkait roster kerja itu kembali disampikan Anita Avianty, Head of Corcom PTAMNT kepada wartawan di KSB saat gelar puka puasa bersama, Selasa, 5 Juni 2018.

Iklan

Ia memastikan, sebelum perusahaan menerapkan jadwal kerja saat ini telah mempertimbangkan segala aspek. Terutama soal kesesuaiannya dengan regulasi yang berlaku dan tidak terkecuali soal hubungan keselamatan pekerja.

“Kami tidak akan terapkan kalau itu menyimpang dari aturan. Dan paling penting juga hubungannya dengan safety,” urainya.

Soal hubungannya dengan keselamatan kerja. Anita memastikan durasi kerja yang diterapkan perusahaan sangat memperhatikannya. Bahkan kebijakan in camp (menginap di mess area tambang) merupakan bagian dari upaya PTAMNT mengimbangi aktivitas kerja karyawan untuk tujuan keselamatan juga. “Harapannya dengan mereka menginap di dalam. Karyawan punya waktu istirahat yang cukup untuk persiapan kembali bekerja esok hari,” jaminnya.

Sementara soal multiplier effect perusahaan yang selama ini dirasa berkurang oleh masyarakat sejak diberlakukannya roster kerja itu? Anita berdalih hal tersebut sejauh ini tidak terlihat kaitannya. Bahkan perusahaan turut melakukan kajian dari sisi dampak atas penerapan roster kerja itu dan tidak menemukan kaitan langsung terjadinya penurunan multiplier effect perusahaan kepada masyarakat.

“Tidak terlihat seperti itu. Karena walau diberlakukan in camp, karyawan juga tetap bisa keluar belanja kebutuhan kesehariannya di warung warga. Seperti saya misalnya kalau lagi di site tetap bisa makan di warung luwes dan berbincang dengan ibunya (pemilik warung,” klaimnya.

Selanjutnya ia mengatakan, roster kerja 4:2 yang diterapkan di tambang Batu Hijau dari berbagai aspek tidak ada yang dilanggar. Bahkan Aviani mengungkapkan, di perusahaan lain ada yang menerapkan durasi waktu kerja lebih lama lagi dari PTAMNT. “Silakan cek ada yang roster kerjanya 6:2 dan itu lebih lama dari kita. Tapi tetap diberlakukan karena memang masih sesuai ketentuan yang ada,” tukasnya. (bug)