PT STM Mulai Buka Jalur Akses Eksplorasi di Huu

Agus Hermawan. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – PT Sumbawa Timur Mining (STM) mulai membuka akses jalan eksplorasi tambang Huu. Akses jalan ini akan dimanfaatkan untuk angkutan berat menuju lokasi pengeboran. Selama ini, pengangkutan kebutuhan ke lokasi pengeboran eksplorasi menggunakan pesawat helikopter dan angkutan secara manual dengan jalan kaki.

“Kalau selama ini, eksplorasi itu semua peralatan dan orang diangkut dengan helikopter. Kita sudah memulai membangun akses jalan untuk itu. Nantinya, sebagai besar peralatan dan orang itu akan diangkut lewat darat. Itu juga sesuai dengan kemajuan eksplorasi yang kita lakukan,” kata Agus Hermawan, Corporate Communications PT STM kepada Suara NTB di Dompu beberapa waktu lalu.

Iklan

Akses jalan eksplorasi yang dibangun sepanjang 11,4 KM merupakan akses jalan baru dan bukan akses jalan lingkar selatan Huu Dompu. Akses jalannya memanfaatkan lahan warga dengan sistem sewa. “(Ini) Bukan jalan untuk mengangkut hasil tambang. Jalan itu hanya digunakan untuk alat berat, jadi jalan yang dipadatkan dengan batuan grafel saja,” terangnya.

Dengan pembukaan akses jalan ini, kata Agus, proses kegiatan eksplorasi akan lebih cepat progres yang dicapai. Karena selama ini, ada keterbatasan ketika diangkut dengan helikopter. Baik kapasitas alat bor atau jumlah orang. “Sekarang ini, drip yang diangkut dengan helikopter ke ataskan terbatas besarnya. Tapi dengan rip yang lebih memadai, kemudian hasil, sample yang kita ambil bisa lebih memadai dari sisi jumlah dan mungkin dari kedalamannya juga,” katanya.

Kendati demikian, Agus mengaku, saat ini aktifitasnya masih dalam tahap eksplorasi. Kedalaman bor yang dilakukan sudah mencapai 1.500  meter di bawah permukaan air laut. Pihak manajemen belum memutuskan untuk tahap eksplorasi atau produksi, karena masih ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Tapi dari proses eksplorasi selama ini, sudah ditemukan potensi yang cukup dan kegiatan eksploitasinya akan menggunakan sistem bawah tanah dengan terowongan. (ula)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional