PT. SMI Setujui Pinjaman Rp200 Miliar Pemkab Loteng

L. Rahardian (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Rencana pinjaman sebesar Rp200 miliar yang diajukan Pemkab Lombok Tengah (Loteng) telah mendapat persetujuan PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pemkab Loteng pun kini terus mematangkan ruas jalan mana saja yang akan dibiayai perbaikannya dari hasil pinjaman tersebut. Karena memang seluruh hasil pinjaman diarahkan untuk membenahi ruas jalan kabupaten yang kondisinya rusak.

“Soal rencana pinjaman Pemkab Loteng, sudah disetujui oleh PT. SMI,” aku Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Loteng, Ir. L. Rahardian, kepada Suara NTB, Kamis, 9 September 2021. Rencananya, dana hasil pinjaman tersebut baru akan mulai dieksekusi tahun anggaran 2022 mendatang dan, sudah masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Loteng 2022.

Iklan

Ia mengatakan, Loteng mendapat rapor bagus di PT. SMI, sehingga permintaan pinjaman diajukan oleh Pemkab Loteng, cepat disetujui oleh PT. SMI. “Jadi rapor kita sangat bagus di PT. SMI. Berapa pun pinjaman yang diajukan, pasti cepat direspons,” ujarnya.

Rahardian menegaskan, Pemkab Loteng memang akan lebih fokus untuk menuntaskan persoalan jalan kabupaten yang saat ini kondisinya banyak yang rusak. Sekaligus menjawab berbagai tuntutan masyarakat yang selama ini banyak yang menuntut perbaikan ruas jalan kabupaten.

Walaupun diakuinya, dengan anggaran sebesar Rp200 miliar tersebut belum cukup untuk menuntaskan perbaikan seluruh ruas jalan kabupaten. Karena untuk menuntaskan seluruh ruas jalan kabupaten, butuh dukungan anggaran yang jauh lebih besar.

Sehingga nantinya, ruas-ruas jalan yang akan diperbaikan dengan menggunakan dana hasil pinjaman tersebut bakal diseleksi dengan mempertimbankan tingkat urgensi serta dampaknya dalam mendorong peningkatan ekonomi daerah. Karena PT. SMI juga tidak akan mau memberikan pinjaman jika proyek yang akan didanai kurang memberikan dampak ekonomi bagi daerah.  (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional