PSSI Loteng akan Gelar Kompetisi Liga I, II dan III

Praya (Suara NTB) – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Lombok Tengah (Loteng) tahun 2019 ini akan mulai menggelar kompetisi sepak bola dengan sistem Liga untuk tiga kasta sekaligus, yakni Liga I, Liga II dan Liga III. Rencananya, kompetisi tersebut bakal bergulir mulai Bulan Maret mendatang.

Sekretaris Askab PSSI Loteng, Bowo Soesatyo, kepada Suara NTB, Senin, 31Desember 2018, mengatakan, untuk Liga I nantinya akan diikuti oleh 12 tim. Dengan lokasi pertandingan akan dipusatkan di Praya. Kemudian Liga II akan diikuti sebanyak 24 tim dan dibagi ke dalam tiga zona kabupaten, yakni  Zona Utara, Tengah serta Selatan.

Iklan

“Adapun untuk Liga III itu digelar di masing-masing kecamatan di 12 kecamatan. Liga ini diikuti oleh tim-tim yang terdaftar di kecamatan tersebut,” terangnya.

Karena sudah mengadopsi sistem liga, ujarnya, maka diberlakukan ketentuan promosi dan degradasi. Di mana tim-tim yang menjadi juara di masing-masing kasta, berhak untuk mendapat promosi ke kasta yang lebih tinggi. Misal, juara Liga III bisa naik ke LIga II. Begitu juga juara Liga II berhak promosi ke LIga I.

Kemudian tim yang berada di klasemen bawah di masing-masing liga akan terdegradasi ke liga yang lebih rendah untuk musim kompetisi berikutnya. “Seperti apa format liga profesional yang ada, coba kita terapkan pada kompetisi tahun ini,” ujarnya.

Hanya saja untuk format pertandingan, tidak menggunakan sistem kompetisi penuh. Tetapi setengah kompetisi. Karena kalau dengan format kompetisi penuh, butuh waktu panjang serta biaya penyelenggaraan yang tidak sedikit tanpa mengurangi hakekat dari kompetisi itu sendiri.

Di mana diharapkan, kompetisi tersebut bisa menjadi ajang pembinaan atlet potensial di daerah ini sekaligus ajang seleksi untuk tim sepak bola Loteng nantinya. “Bagi tim yang ada, kompetisi ini bisa menjadi wahana pembinaan atlet sekaligus ajang pengembangan tim. Supaya ke depan, dengan gelaran kompetisi yang rutin tim yang ada bisa berkembang menjadi tim-tim yang profesional,” terangnya.

Adapun untuk tim yang akan bertanding di masing-masing liga, tambah Operastor Liga Askab PSSI Loteng, Irma Jauhari, itu merupakan hasil seleksi kompetisi tahun 2018 lalu. Jadi tim yang ada tidak sekedar ikut. Tetapi sudah diseleksi pada kompetisi tahun sebelumnya. “Untuk tim-tim yang berlaga di Liga I itu merupakan tim-tim terbaik hasil seleksi kompetisi tahun kemarin,” tandasnya. (kir)