PS Lingsar Juara Liga III Internal Askab PSSI Lobar

Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid didampingi Ketum Askab PSSI Lobar, Arbain Ishak dan Sekretaris M. Munib bersama tim pemenang liga III PS Lingsar. (Suara NTB/her)

Giri menang (Suara NTB) – Liga III Internal Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Lombok Barat (Lobar) telah usai digelar. Penutupan kompetesi yang diikuti 98 klub sepakbola tersebut digelar, Minggu, 23 Februari 2020 di lapangan Umum Lingsar. Dimana dalam liga III ini, Tim PS Lingsar keluar sebagai juara I, juara II diraih Persedum Duman, kemudian juara III Porsik Sigerongan dan juara IV diraih tim dari Perempuan Labuapi. Perhelatan Liga III ini menjadi awal kebangkitan sepakbola Lobar yang selama belasan tahun belum pernah diadakan turnamen resmi seperti ini. Apresiasi pun muncul dari Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid saat hadir menutup liga III di Lingsar.

Sekretaris PSSI Lobar, M. Munib mengatakan, Liga III Internal Askab PSSI Lobar merupakan salah satu program dari Askab PSSI yang diharuskan menggelar kompetisi internal yang selama belasan tahun tidak pernah diadakan di Lobar. Sehingga pengurus baru PSSI pun menggelar liga III, sebagai bentuk pembinaan sepakbola di Lobar. Kompetisi yang diadakan selama empat bulan ini dilaksanakan melalui tahapan registrasi klub-klub yang ada di Lobar. Registrasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah klub sepakbola yang betul-betul resmi. Total yang registrasi saat ini mencapai 98 klub dari seluruh Lobar.

Iklan

Kemudian dari 98 klub ini diadakan liga internal yang dibagi menjadi dua zona. Yakni zona selatan diadakan di lapangan jembatan Kembar. Jumlah klub yang ikut di zona selatan sebanyak 51 klub. Dan zona Utara diadakan di lapangan Sesela dengan 47 Klub. Untuk pelaksanaan pertandingan, pihaknya berkoordinasi dengan panitia pelaksana (Panpel) di masing-masing zona.
Hasil masing-masing zona ada 8 Klub terbaik berlaga di zona tengah di wilayah Lingsar. Sebanyak 16 klub bertanding untuk masuk 16 besar. Perbandingan bergulir selama 16 hari, sehingga Minggu kemarin final penutupan. “Yang juara I PS Lingsar, juara II Persedum Duman, juara III Porsik Sigeronga dan juara IV Perempuan,”jelas dia. Top skor dan pemain terbaik dalam liga III diraih oleh para pemain Perselobar.

Pengurus Askab PSSI Lobar, kata dia, sangat bahagia atas terselenggaranya liga III. “Karena ini awal dari kebangkitan sepakbola kita, dari sisi klub Lobar, Perselobar sudah tembus regional (nasional),”jelas dia. Dari sisi pembinaan melalui liga III uga sudah berjalan. Kedepannya hasil liga III akan dibagi menjadi tiga, ada 16 tim terbaik liga III akan masuk liga I yang digelar September 2020. 16 tim terbaik juga masuk liga II.

Sedangkan sisanya dari 66 Tim akan bermain pada kompetisi liga III musim depan. Sehingga kompetisi ini terus bergulir tiap tahun supaya pelaku sepakbola, baik pemain, pelatih dan manajer bisa melakukan pembinaan berkesinambungan untuk mempersiapkan timnya menghadapi liga. Untuk pelaksanaan liga I,II dam III akan diadakan tahun ini secara bergilir.

Untuk tim yang juara Askab internal musim depan ini akan diberikan hadiah dan rekomendasi untuk bisa mengikuti liga III Asprov. Sehingga musim depan tidak saja Perselobar yang ikut liga III Asprov namun juga tim yang juara I liga III internal. Dari hasil kompetisi liga III ini jelas dia, pemain terbaik yang miliki potensi akan dibina di Perselobar. Sebab selama liga III askab tersebut tim pemantau sudah turun melihat para pemain. Para pemain ini akan dipanggil ikut seleksi sebagai pemain Perselobar. (her)