Proyek Taman Loang Baloq Tergenang

Lokasi pembangunan Taman Wisata Loang Baloq di Kelurahan Tanjung Karang tergenang akibat banjir rob. Proyek senilai Rp11,2 miliar belum rampung dikerjakan meski kontrak telah berakhir. (Suara NTB/jun)

Mataram (Suara NTB) – Lokasi proyek penataan Taman Wisata Loang Baloq (TWLB) di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, tergenang. Hal ini dipicu oleh banjir rob pada Minggu, 5 Desember 2021. Pekerjaan dipastikan terganggu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H. Nizar Denny Cahyadi mengakui, area penataan TWLB tergenang akibat banjir rob. Tidak ada kerusakan pada tanggul penahan. Genangan air berusaha dikuras menggunakan mesin pompa oleh rekanan, sehingga tidak mengganggu pekerjaan. “Tanggulnya tidak jebol. Karena air pasangnya sampai tanggul lama – kelamaan masuk ke dalam,” kata Denny dikonfirmasi, Senin, 6 Desember 2021.

Iklan

Konstruksi bangunan dipastikan tidak ada kerusakan. Hanya saja, rekanan tidak bisa melanjutkan pekerjaan akibat genangan tersebut.

Di satu sisi, progres penataan kawasan TWLB mencapai 97 persen. Rekanan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak sampai 5 Desember pekan kemarin.

Denny, sapaan akrabnya menyampaikan, rekanan diberikan waktu menyelesaikan sampai 31 Desember. Meskipun secara aturan bisa diperpanjang selama 50 hari sebelum berakhir tahun anggaran. “Tetapi terlalu lama. Bahkan ditargetkan 15 Desember sudah selesai semua pekerjaan,” paparnya.

Selama perpanjangan waktu penyelesaian pekerjaan rekanan dikenakan sanksi denda. Sanksi denda dihitung per hari dari sisa pekerjaan. Semakin lama pekerjaan selesai sambungnya, maka rekanan akan denda yang dibayar lebih besar lagi. “Semakin lama selesai. Iyah, semakin besar dendanya,” ujarnya.

Penataan Area Taman Wisata Loang Baloq dikerjakan melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif senilai Rp11,2 miliar dan dikerjakan rekanan dengan nilai kontrak Rp9,3 miliar. Dari anggaran tersebut direncanakan untuk membangun gazebo, plaza, panggung, menara, area bermain dan lain sebagainya. (cem)

Advertisement