Proyek Mangkrak Dermaga Senggigi Tak Dilanjutkan

Dermaga Senggigi yang pembangunannya mangkrak tidak dilanjutkan, karena menunggu sidang sengketa di BANI. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pembangunan proyek dermaga Senggigi Lombok Barat (Lobar) yang mangkrak tahun 2019 lalu sampai saat ini masih belum jelas kelanjutannya. Pasalnya untuk melanjutkan proyek ini mesti menunggu keputusan pengadilan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Sementara sidang sengketa di BANI belum selesai, sSehingga Pemda pun tidak mengalokasikan untuk melanjutkan pembangunan proyek ini pada APBD murni 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Lombok Barat (Lobar), H. M. Najib mengatakan, penganggaran untuk kelanjutan proyek tidak masuk tahun depan. “Tidak dianggarkan karena kelanjutan pembangunan dermaga ini perlu menunggu putusan di BANI,”jelas Najib.

Iklan

Untuk sidang sengketa proyek tersebut terus berlangsung di BANI, di mana semua pihak dari Pemda sudah dihadirkan. Ia belum bisa memastikan apakah sengketa ini bisa segera diputuskan. Yang jelas menurut dia, pembangunan dermaga ini harus segera dilanjutkan.

Terlepas dari hasil sengketa di BANI, ujarnya, proyek ini dilanjutkan saja, sehingga upaya Pemda menata kawasan ini melalui dana pinjaman tak maksimal. Mengenai sisa material bangunan yang berserakan di Senggigi, pihaknya belum bisa berbuat banyak, karena ia sendiri tidak berani memindahkan sisa material. “Kami khawatir kalau memindahkan itu (sisa material) bisa kami dituntut,” jelas dia.

Sementara itu Kepala UPT Dermaga Senggigi Noor Fazli mengatakan kondisi dermaga masih sepi, karena kondisi Covid-19 ditambah lagi dermaga tak tuntas dikerjakan. “Saat ini masih sepi, bahkan dari Corona itu sudah sepi,” aku dia.  (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional