Proyek Kantor Camat Dompu Molor, KPA Beri Perpanjangan Waktu

Pembangunan gedung kantor Camat Dompu hingga batas kontrak 10 November 2020, pengerjaan paket pekerjaan belum juga rampung.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Pembangunan gedung kantor Camat Dompu molor dari batas kontrak 10 November 2020. Kemajuan proyek baru 80 persen, dan kuasa pengguna anggaran (KPA) masih mengizinkan pelaksana untuk menyelesaikan pekerjaan hingga 40 hari kedepan. Keterlambatan mengawali proyek dan pandemi Covid-19 jadi alasan pelaksana molornya pengerjaan proyek.

Asisten Pembangunan Setda Dompu, Nasrun Hanif, SE, MM kepada wartawan di Dompu, Selasa, 10 November 2020 mengakui, proyek pembangunan gedung kantor Camat Dompu yang didanai dari APBD Dompu tahun 2020 dengan nilai kontrak Rp.3,8 M, batas kontraknya hingga 10 November. Hingga batas waktu pengerjaan, kemajuan pekerjaannya baru 80 persen. “Banyak kehilangan waktu di awal, karena proses pemindahan kantor Camat (ke kantor sementara). Kehilangan waktu lebih kurang 1 bulan, sehingga mulai pekerjaan telat dari tandatangan kontrak,” kata Nasrun Hanif.

Iklan

Karena waktu masih ada, kata Nasrun Hanif, pihaknya akan memberi perpanjangan waktu ke PT Tiga Zet Perkasa mengganti waktu sesuai kekurangan di awal untuk menyelesaikan pengerjaan plaster, plafon, pemasangan kosen, kramik, dan finising pekerjaan. “Kalau bahan, sudah ada semua. Jadi tinggal dikerjakan. Untuk pekerjaan bagian dalam, nanti akan dilembur,” terangnya.

Nasrun Hanif mengaku, pengerjaan paket proyek pembangunan gedung kantor Camat Dompu dengan nilai proyek Rp.3,8 M ini baru uang muka sebanyak 30 persen yang dicairkan kontraktor. Padahal kemajuan pekerjaan fisik sudah 80 persen. “Kita sudah minta untuk melakukan pencairan sesuai kemajuan pekerjaan, tapi mereka mengaku nanti sekaligus,” katanya.

Selain pembangunan gedung lantai dua kantor Camat Dompu, tahun 2020 ini Pemda Dompu juga menganggarkan pembangunan pabrik pengalengan ikan di Kilo, dan pembangunan rumah dinas Camat Pekat dengan nilai di atas Rp.1 M. “Untuk pekerjaan fisik yang lain, kemajuannya tinggal beberapa porsen. Karena memang kita cepat prosesnya di awal,” terangnya.

Sebelumnya, pembangunan gedung kantor Camat Dompu mendapat sorotan karena hingga batas waktu kontrak, pengerjaan proyek belum rampung. Penyerapan anggaran belanja daerah di tengah resesi ekonomi juga terus didorong untuk meningkatkan daya beli masyarakat. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional