Proyek Fisik Tuntas Sebelum Akhir Tahun

Dua orang pekerja sedang mengerjakan bagian tulisan dari MCC di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Mataram, Senin, 21 Desember 2020. Seluruh proyek fisik di Mataram tuntas sebelum akhir tahun. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Mataram, memastikan pekerjaan fisik tahuni ini tuntas sebelum akhir tahun. Rata – rata rekanan telah menuntaskan pekerjaan sesuai kontrak.

Pekerjaan fisik tahun ini di antaranya, pembangunan kios kuliner di Destinasi Taman Wisata Loang Baloq. Pekerjaan ini dikerjakan rekanan dengan nilai penawaran Rp1,6 miliar lebih dari pagu Rp2,01 miliar lebih. Pasar ACC Ampenan dikerjakan dengan nilai kontrak Rp1,085 miliar dari pagu anggaran Rp1,3 miliar lebih.

Rehabilitasi jaringan irigasi milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dikerjakan dengan nilai kontrak Rp3,4 miliar dari pagu anggaran Rp4,4 miliar lebih. Pemeliharaan jalan berkala senilai Rp2,3 miliar dikerjakan dengan nilai kontrak Rp1,7 miliar lebih. Pembangunan gedung pertokoan Mataram Craft Center dikerjakan dengan nilai kontrak Rp1,05 miliar lebih dari pagu anggaran Rp2,4 miliar lebih.

Berikutnya, pembangunan lanjutan gedung Kantor Dinas Perikanan dikerjakan dengan nilai kontrak Rp584 juta dari pagu Rp760 juta.

Kepala BPBJ Setda Kota Mataram, Multazam menyampaikan, hasil evaluasi dan monitoring terhadap pekerjaan fisik hampir 100 persen telah selesai. Bahkan, organisasi perangkat daerah telah serahterima pekerjaan dari rekanan. “Alhamdulillah hampir semua pekerjaan fisik selesai tepat waktu,” kata Multazam ditemui, Senin (21/12).

Dokumen serahterima pekerjaan sedang dievaluasi untuk pengajuan pembayaran termin ke empat. Multazam menambahkan, meski pekerjaan telah selesai tetapi rekanan masih memiliki kewajiban untuk pemeliharaan selama enam bulan kedepan. Artinya, jika ada kerusakan atau lain sebagainya menjadi tanggungjawab kontraktor pelaksana. “Enam bulan masih jadi tanggungjawab rekanan untuk pemeliharaan,” ujarnya dan memastikan seluruh pekerjaan fisik tuntas sebelum akhir tahun. Rata – rata pekerjaan rampung sebelum akhir kontrak.

Sementara itu, pantauan Suara NTB, pekerjaan fisik MCC di Kelurahan Pagesangan sedang mengerjakan bagian akhir (finishing) proyek revitalisasi pusat jual beli mutiara tersebut. Dua orang pekerja masih menyelesaikan bagian atas dari gedung. (cem)