Protokol Kesehatan Diupayakan Bisa Diterapkan di Lembaga PAUD dan Dikmas

0
Petugas dari Tim Tanggap Darurat BP PAUD dan Dikmas NTB melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lembaga mitra beberapa waktu lalu.  (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat  (BP PAUD dan Dikmas) NTB berupaya untuk mendukung ditaatinya protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 di satuan pendidikan. Salah satunya BP PAUD dan Dikmas NTB selalu siap jika ada pihak lembaga meminta penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di lembaganya

Kepala BP PAUD dan Dikmas NTB, Drs. Suka, M.Pd., mengatakan, pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan atas permintaan lembaga. Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan oleh Tim Tanggap Darurat BP PAUD dan Dikmas NTB di SKB, PKBM, dan PAUD. “Karena permintaan persiapan menuju tatanan baru di tahun ajaran baru ini,” ujarnya belum lama ini.

IKLAN

Penyemprotan disinfektan itu merupakan upaya BP PAUD dan Dikmas NTB membantu pemerintah daerah memutus penyebaran Covid-19. Tim Tanggap Darurat BP PAUD dan Dikmas NTB berkomitmen akan selalu siap jika  lembaga mitra atau organisasi mitra berkeinginan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan lagi. Tim yang akan turun membantu akan memberikan cairan disinfektan gratis beserta petugasnya.

Seluruh area di SKB Kota Mataram telah disemprot cairan disinfektan, ini adalah upaya untuk memutus mata rantai virus Corona, apalagi Kota Mataram termasuk zona merah pandemi virus ini. Selanjutnya, BP PAUD dan Dikmas NTB  melalui Tim Tanggap Darurat akan selalu mengikuti imbauan pemerintah setempat terkait kondisi saat ini.

Selain penyemprotan disinfektan, BP PAUD dan Dikmas juga melakukan pemberian masker, dan bimbingan teknis bagi guru atau pendidik secara jarak jaruh terkait pembelajaran dari rumah.  Untuk menyongsong tatatan baru tersebut, BP PAUD dan Dikmas NTB sendiri telah melakukan pelatihan terhadap 150 Guru PAUD secara daring se-Provinsi NTB.

Selain memberikan pelatihan daring kepada guru PAUD se-NTB, Direktorat PAUD Kemendikbud melalui BP PAUD dan Dikmas NTB juga akan memberikan pelatihan kepada orang tua siswa melalui Kelas Orangtua Berbagi untuk orang tua siswa PAUD se-Provinsi NTB dalam waktu dekat. Pelatihan ini akan menyasar 500-1000 orang tua. (ron)