Progres Tiga Proyek Fisik Kota Mataram Masih Rendah

Mataram (suarantb.com) – Progres pelaksanaan tiga proyek fisik Kota Mataram masih rendah dibandingkan dengan proyek fisik lain yang telah mencapai tahap penyelesaian. Tiga proyek tersebut merupakan proyek dari Dinas Kesehatan Kota Mataram yaitu berupa gedung farmasi, Puskesmas Pagesangan dan Puskesmas Tanjung Karang. Progres ketiga proyek tersebut belum mencapai 60 persen, dua di antaranya baru mencapai 51 persen, yaitu gedung farmasi dan Puskesmas Tanjung Karang.

Penyebab terhambatnya progres proyek fisik Puskesmas salah satunya karena kurangnya sosialisasi proyek kepada masyarakat, sehingga sempat menimbulkan aksi penolakan dari masyarakat sekitar. Demikian disampaikan Asisten II Setda Kota Mataram, Wartan.

Iklan

Karena pembangunan proyek selalu berhubungan dengan masyarakat sekitar, maka dibutuhkan sosialisasi khusus terkait proyek tersebut kepada masyarakat. “Tentunya kita akan lebih rinci lagi berbicara masalah apa yang harus dilakukan dari pra sampai akhir,” ujar Wartan, Kamis, 24 November 2016.

Selain itu, keterlambatan progres proyek fisik ini akan berdampak pada SKPD yang menangani proyek tersebut. Oleh karena itu, Pemkot Mataram menekankan pelaksana segera menyelesaikan proyek-proyek tersebut hingga akhir 2016 dengan sisa waktu sekitar satu bulan. Pemkot Mataram terus memantau pelaksanaan tiga proyek yang rentan mengalami keterlambatan tersebut.

Wartan mengatakan pihak pelaksana telah memberikan pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan proyeknya dalam sisa waktu yang terbatas ini. Sanski akan diberikan apabila pengerjaan proyek tidak selesai dalam batas waktu yang telah ditentukan.

“Kita telah buat itu (pernyataan) di atas meterai. Jadi upaya kita maksimalkan. Tinggal tunggu kapan waktunya berakhir,” ungkapnya.

Untuk proyek yang lain, Wartan mengatakan tidak terlalu mengkhawatirkan. Pemkot Mataram optimis pengerjaan proyek lain dapat terselesaikan tanpa hambatan, sebab rata-rata progres proyek telah mencapai tahap akhir. Demikian juga dengan proyek jalan di dalam kawasan Pasar Mandalika oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram. Proyek tersebut dipastikan dapat terselesaikan sebelum tahun anggaran 2016 berakhir. (rdi)

  Capaian Proyek SKPD, Walikota Jadikan Bahan Evaluasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here