Progres JKK Mandalika Sudah 50 Persen

Foto udara penampakan jalur Sirkuit Mandalika. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Progres pembangunan Jalan Khusus Kawasan (JKK) Mandalika yang nantinya akan menjadi lokasi penyelengaraan balap MotoGP, kini sudah mencapai 50 persen. Pihak PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama PT. PP selaku rekanan pembangunan sirkuit jalan raya terus menggenjot pengerjaan proyek tersebut. Supaya bisa tuntas sesuai target di bulan Juni mendatang.

‘’Setiap hari, hampir 24 jam penuh kita berkerja mengerjakan proyek pembangunan JKK Mandalika ini. Itu semua supaya proyek ini bisa selesai tepat waktu sesuai target waktu yang sudah ditetapkan,’’ ungkap Vice President Construction and Stakeholder Relations Management ITDC, Aris Joko Santoso, Rabu, 13 Januari 2021.

Saat ini pekerjaan difokuskan untuk menyelesaikan pengaspalan service road JKK Mandalika. Termasuk penyelesaian persiapan jalur atau lintasan balapannya serta penyelesaian pembangunan saluran drainase dan tunnel (terowongan) sirkuit. Setelah semua pekerjaan pendukung tersebut selesai, barulah kemudian pekerjaan bergeser pada pengaspalan lintasan balapan.

‘’Untuk pengaspalan jalur lintasan balapan direncanakan mulai bulan Februari mendatang,’’ terangnya. Proses pengaspalan jalur lintasan sendiri nantinya juga akan dilakukan secara maraton. Karena memang prosesnya tidak boleh terhenti atau terputus. Karena itu akan berpengaruh pada kualitas pekerjaan aspal nantinya.

Sehingga persiapan jalur lintasnya sangat penting. Dalam artian jalur lintas harus benar-benar siap terlebih dahulu. Baru kemudian proses pengaspalan bisa dimulai. Karena pekerjaan yang paling utama pada pembangunan JKK Mandalika ini ialah pada pengaspalan jalur lintas itu nantinya. Dan, kualitas pengerjaan aspal lintasan balap itu sangat menentukan kesiapan The Mandalika sebagai tuan rumah penyelenggaraan event balap MotoGP.

“Untuk material aspal jalur lintasanya sendiri sudah ready (siap). Dan, materialnya tidak tanggung-tanggung didatangkan langsung dari Inggris,” tambahnya seraya berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat di daerah ini agar pengerjaan JKK Mandalika bisa tetap berjalan dengan aman dan lancar.

Bersamaan dengan dimulainya pengaspalan untuk jalur lintasan balap tersebut, pihak Dorna Sport selaku pemegang hak penyelenggaraan MotoGP rencananya akan datang pada bulan Februari untuk mengecek kesiapan fasilitas pendukung JKK Mandalika. Sekaligus persiapan untuk proses homologasi JKK Mandalika nantinya.

Disinggung terkait jadwal balapan MotoGP Mandalika, Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPAHappy Kurniawan Harinto yang dikonfirmasi terpisah, menegaskan belum ada perubahan berarti. MotoGP Mandalika masih berstatus cadangan. Kendati ada informasi kalau dua balapan di Eropa dan Amerika berpotensi batal pada kalender balapan tahun 2020 ini.

Sirkuit Mandalika sejauh ini baru mendapat jadwal balapan untuk seri World Superbike (WSBK) di bulan Oktober. Sedangkan untuk MotoGP masih belum ada perubahan status. “(Terkait jadwal balapan) Sampai hari ini masih belum berubah. Nanti kalau ada update yang terbaru kita kabari,” jawabnya singkat. (kir)