Progres Fisik Bantuan Kemendes di Sesaot Baru 65 persen

Pengerjaan akses jalan lingkungan menuju destinasi wisata di Sesaot, Narmda, Selasa, 7 September 2021.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Desa Sesaot kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat (Lobar) belum lama ini mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp600 juta dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Bantuan anggaran tersebut diperuntukkan untuk akses jalan lingkungan.

Kades Sesaot, Yuni Hari Seni, Selasa, 7 September 2021 menyampaikan jika anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan akses jalan menuju destinasi wisata dan penambahan atraksi wisata yang ada di Desa Sesaot.“Yang pertama ada jalur untuk menuju air terjun Semporonan yang ada di Dusun Gontoran. Kemudian ada jalur yang menuju Hutan Kemasyarakatan (HKM) dan di sebelahnya ada hutan pinus yang rencananya akan kita buat sebagai camping ground,” sebut Yuni.

Iklan

Pengerjaan akses jalan menuju destinasi wisata inipun disampaikan Yuni sudah sampai pada 65 persen pengerjaan. Bantuan anggaran dari Kemendes yang didapatkan oleh Desa Sesaot ini diapresiasi Kadispar Lobar, Saepul Akhkam.

“Sesaot adalah salah satu dari tiga desa yang dibantu oleh Kemendes dengan anggaran khusus untuk desa wisata. Ini menjadi menarik karena ini menandakan dan membuktikan bahwa pariwisata itu diyakini mampu memberikan dorongan kuat untuk pertumbuhan ekonomi. Terutama dari aspek desa wisata itu berarti ekonomi kreatif yang berbasis kemasyarakatan berbasis mikro atau kecil,” tuturnya.

Di sisi lain, hal ini menurutnya justru menjadi tantangan. Dengan penambahan anggaran seperti ini, untuk  bagaimana menciptakan atraksi yang lebih variatif sehingga penawaran paket wisata ke destinasi menjadi lebih beragam. “Bebannya banyak, tinggal bagaimana caranya sekarang desa ini mampu menggeret banyak pihak untuk mau berkolaborasi. Karena dengan kawasan yang semakin ramai, kemudian dengan jenis paket yang semakin banyak, tentu membutuhkan sumberdaya manusia yang kreatif dan mumpuni,” tegas Akhkam. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional