Program Strategis Nasional, Lotim Petakan Tambak Udang di Lahan Tak Produktif

Muksin (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Budidaya udang merupakan salah satu usaha yang masuk dalam program strategis nasional. Hal ini menjadi pendukung peningkatan produktivitas udang nasional serta menggerakkan perekonomian masyarakat. Dalam upaya menerapkan program ini, Pemkab Lotim melakukan pemetaan tambak udang terutama dengan memanfaatkan lahan-lahan tidak produktif.

Kepada Suara NTB, Kamis, 8 April 2021, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lotim, Muksin, mengatakan bahwa lahan-lahan tidak produktif untuk lahan pertanian, pariwisata dan lainnya dimanfaatkan sebagai tempat budidaya udang. Sehingga lahan itu menjadi produktif dan geliat ekonomi masyarakat meningkat.

Iklan

Dikatakannya, tambak udang merupakan program strategis nasional yang mengacu pada tata ruang yang lebih tinggi di atasnya, misalnya tata orang nasional ketika tata ruang daerah belum mengatur beberapa ketentuan. Itupun disertai survei untuk kelayakan lokasi tambak udang. “Tambak udang ini tetap mengacu pada tata ruang. Untu itu, tempat izin diberikan di lahan produktif dan tidak merusak lingkungan,” terangnya.

Seperti di Kelurahan Suryawangi yang merupakan wilayah pariwisata. Menurutnya tidak semua garis pantai di Suryawangi masuk dalam katagori pariwisata. Namun sekiranya pantai tidak menarik untuk pariwisata, pembangunan fasilitas lainnya, termasuk sektor pertanian, maka dapat dimanfaatkan untuk kegiatan usaha lain, salah satunya berupa budidaya udang. “Jadi memanfaatkan tanah tidak produktif di usaha yang lain seperti pertanian,” jelasnya.

Bahkan apabila diberikan ruang untuk usaha yang lain seperti tambak udang. Menurutnya, langkah tersebut dapat memanfaatkan tenaga kerja lokal dan berdampak baik pada perekonomian masyarakat sekitar. Begitupun untuk pengelolaan limbahnya harus sesuai. Apabila tidak diindahkan seperti UPL-UKL hingga Amdal, maka izin dari tambak udang tersebut dapat dicabut.

 “Sekiranya adanya pencemaran lingkungan. Maka kita lakukan penindakan bersama instansi terkait. Namun pihak pengusaha sudah ada cara pengolahannya,” terangnya. Pemda Lotim sendiri sudah menggelar karpet merah dan memberi kemudahan dalam setiap investasi di daerah ini. Sementara kondisi saat ini investor sekadar datang dan melihat kemudian terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu sehingga menimbulkan keraguan kepada investor untuk berinvestasi di daerah ini.

Seperti halnya investasi tambak udang merupakan salah satu program strategis nasional. Kabupaten Lotim salah satu daerah yang mendapat program tersebut dengan adanya tambak sudah di beberapa wilayah di Kabupaten Lotim. Itulah kemudian dipercepat proses pelayanannya agar pembangunan dan pengembangan SDA di daerah dapat melangkah lebih maju. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional