Program Mawar Emas, Membantu Masyarakat Terhindar dari Jeratan Rentenir

Farid Faletehan (Suara NTB/ist)

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB, Farid Faletehan mengatakan, kehadiran Program Mawar Emas ke depan akan semakin mempermudah akses masyarakat ke lembaga-lembaga keuangan. Dengan hal ini, pemahaman masyarakat terhadap lembaga keuangan akan lebih baik dan tentunya akan menghindarkan mereka terjerat dari intaian rentenir.

‘’Mawar Emas ini tujuannya untuk membantu masyarakat, khususnya jemaah masjid untuk menjangkau takmir-takmir masjid di berbagai daerah,’’ ujarnya pada pelatihan takmir yang digelar melalui Program Mawar Emas, Rabu, 21 Oktober 2020.

Iklan

Farid mengapresiasi semua pihak yang telah bersama-sama menyukseskan jalannya Program Mawar Emas. Ia yakin, ke depannya akan semakin banyak lembaga keuangan yang akan turut berkontribusi dalam membangun perekonomian masyarakat yang jauh lebih baik lagi.

‘’Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberikan pembekalan bagi semuanya, bahwa takmir masjid ini fungsinya sangat penting,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Masyarakat Ekomomi Syariah (MES) NTB, Dr. Hj. Baiq Mulianah dalam laporannya mengungkapkan bahwa Program Mawar Emas telah berhasil mendapat respons yang positif dari masyarakat.

‘’Alhamdulillah, sampai dengan saat ini, angkatan ke lima ini, ada sejumlah 100 takmir masjid yang dilatih MES dalam tiga bulan terakhir ini.’’

Mulianah kemudian membeberkan alasan mengapa masjid menjadi tempat dimulainya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ia percaya, tagline “Dari Masjid-Nya, Kita Makmurkan Bumi-Nya” yang didasari dari sebuah Hadits Qudsi ini akan menghadirkan semangat tersendiri bagi para takmir masjid.

‘’Spirit ini bahwa kita bergerak dari masjid, melakukan pemberdayaan masyarakat, membangun peradaban dan membangun ekonomi umat dari masjid,’’ jelasnya.

Mulianah juga berharap program ini akan memicu kemandirian masjid. Sehingga, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga berfungsi sebagai tempat-tempat pemberdayaan perekonomian umat Islam sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. (r)