Program Industrialisasi Sudah Menunjukkan Hasil Menggembirakan

Sejumlah angggota dari gabungan Komisi di DPRD NTB tengah mengecek produk-produk yang telah dihasilkan dari program industrilisasi Pemprov NTB. (Suara NTB/ndi). 

Mataram (Suara NTB) – Para wakil rakyat di DPRD Provinsi NTB turun langsung ke lapangan mengecek capaian dari pelaksanaan program industrialisasi Pemprov NTB, pada Rabu, 27 Januari 2021. Hasilnya mereka berkesimpulan bahwa program industrilisasi sudah menampakkan hasil yang cukup menggembirakan.

‘’Selama ini teman-teman mungkin hanya mendengarnya dalam bentuk narasi saja atau informasi dari media terkait dengan program industrilisasi ini. Nah sekarang ingin melihat langsung wujudnya. Jadi Ini lebih menginternalisasikan produk industrilisaai itu kepada teman-teman anggota DPRD,’’ ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB, H. Abdul Hadi yang memimpin kunjungan lapangan tersebut.

Iklan

Dikatakan Hadi, bahwa masih banyak anggota DPRD NTB yang belum mendapatkan informasi secara utuh terkait dengan konsep program industrilisasi Pemprov NTB tersebut. Selama ini dalam pikiran para anggota dewan, program industrilisasi tersebut akan menghadirkan pabrik-pabrik besar yang kemudian akan menghasilkan produk industri dalam jumlah besar.

‘’Ya banyak yang belum paham, karena pikirannya industri besar. Ternyata setelah kita turun ke IKM-IKM, banyak juga hasil industrilisasi kita,’’ katanya.

Terkait dengan kritikan tajam yang selama ini dilemparkan oleh DPRD NTB terkait dengan program industrialisasi. Menurut politisi PKS itu, hal itu terjadi lantaran adanya miskomunikasi antara DPRD dengan Pemprov NTB terkait dengan program industrilisasi itu sendiri.

‘’Karena itu kita harapkan agar OPD terkait supaya lebih banyak melakukan sosialisasi lagi terkait dengan wujud industrilisasi itu, khususnya kepada pengambil keputusan seperti misalnya DPRD. Kan selama ini hanya dengan Komisi II saja koordinasinya, tidak dengan komisi yang lain,’’ katanya saat memimpin gabungan komisi turun ke STIPark Banyumulek, untuk mengecek produk industrialisasi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota Komisi IV  DPRD NTB, Hasbullah Muis. Setelah ia melihat langsung produk industrilisaai, ia lantas memberikan apresiasi terhadap capain dari program tersebut. Baginya pengembangan industrialisasi di NTB sudah bukan lagi wacana.

“Kita betul-betul memberikan apresiasi  kepada pemerintah dan stakeholder yang ada, setelah kita turun ke lapangan, ternyata kita sudah merintis luar biasa. Apa yang disampaikan Pak Gubernur bahwa kita akan mengarah ke industrilisaai berbasis IKM, ternyata di sini sudah sangat kelihatan hasilnya,” katanya.

Iapun mengajak semua pihak untuk tidak lagi berasumsi bahwa program industrialisasi tersebut akan mengahdirkan pabrik besar. Tapi lebih pada pengembangan industri rumahan. Hanya saja produk-produk industrilisasi tersebut perlu disosialisasikan lebih masif lagi.

“Jadi kita sudah tidak lagi bicara wacana tapi produk-produknya sudah ada. Nah ini mungkin ke depannya butuh sosialisasi yang lebih kuat ke masyarakat, bahkan di dewan juga perlu, karena masih ada mis komunkasi terkait dengan konsep industrilisasi ini. Masyarakat baru akan percaya kalau sudah merasakan produknya,” pungkasnya. (ndi)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional