Program 1.000 Anak NTB Kuliah ke Luar Negeri Paling Cepat Tercapai 2022

Irwan Rahadi (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Program unggulan 1.000 cendekia NTB Gemilang ditargetkan tercapai tahun keempat kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., – Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd., (Zul – Rohmi). Pengiriman 1.000 anak muda NTB kuliah ke luar negeri ini ditargetkan dapat tercapai 2022 mendatang.

Direktur Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Irwan Rahadi menyebutkan hingga saat ini sebanyak 551 anak muda NTB yang telah memperoleh beasiswa luar negeri. Atau capaiannya sudah lebih dari 50 persen dari target sebanyak 1.000 orang.

“Kalau semua jenis beasiswa yang kita tawarkan bisa berjalan, sebenarnya ditargetkan 3 – 3,5 tahun itu sudah tercapai atau sampai tahun keempat sudah tercapai target 1.000 cendekia,” kata Irwan dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 4 Oktober 2020 siang.

Namun, akibat pandemi Covid-19, jenis program beasiswa NTB seperti short course atau kuliah singkat belum bisa dieksekusi. Karena kebijakan negara tujuan kuliah anak-anak NTB di luar negeri soal lockdown.

“Soal angka ketercapaian kami terus ikhtiar. Supaya bisa mencapai target 1.000 orang,” katanya.

Namun, kata Irwan, jika digabung antara program beasiswa luar negeri dan dalam negeri dan program rumah bahasa, angkanya sudah lebih dari 1.000 orang.

“Kalau bicara NTB Cendikia, kalau angka kuantitatif 1.000 orang, entah beasiswa dalam dan luar negeri, mungkin sudah tercapai. Cuma kalau mau fokus ke pengiriman ke luar negeri, angkanya sudah 551 orang,” katanya.

Untuk mengejar target pengiriman 1.000 anak muda NTB kuliah ke luar negeri, Irwan mengatakan LPP NTB terus membuka kerja sama dengan kampus-kampus lainnya. Kemungkinan ada juga dari pihak ketiga yang akan memberikan program beasiswa NTB. Seperti program beasiswa NTB tujuan Rusia, merupakan kerja sama dengan pihak ketiga.

Irwan menyebutkan dari 551 anak NTB yang sudah mendapatkan beasiswa luar negeri. Sebanyak 242 orang sudah berada di luar negeri. Kemudian 175 orang dalam proses pemberangkatan ke Eropa dan 134 orang merupakan program beasiswa NTB kategori C atau short course.

Dikatakan, pada bulan Oktober ini, sebanyak 39 anak muda NTB akan diberangkatkan kuliah dengan tujuan negara-negara Eropa dan Rusia. Sebanyak 39 anak muda NTB diberikan motivasi dan pembekalan sebelum akan berangkat menimba ilmu ke Rusia, Ceko, dan Polandia oleh Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, Sabtu, 3 Oktober 2020.

“Kemudian untuk tujuan Malaysia, kita masih terus koordinasi dengan kampus tujuan. Tetap mereka masih melakukan pendaftaran. Cuma nanti kita masih menunggu kebijakan kampusnya,” terang Irwan.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., saat pembekalan 39 anak muda NTB yang akan menimba ilmu ke Eropa mengatakan  bahwa negara-negara tujuan beasiswa di Benua Biru adalah pintu masuk untuk terus bermimpi dan berkarya lebih besar dan bermanfaat.

“Jadi sebenarnya mimpi kita besar, keluar negeri itu untuk membuka jaringan. Eropa dalam jangkauan kita, sehingga setiap langkah kaki pemuda NTB terdengar di seluruh dunia” ujar Gubernur.

Gubernur  menyampaikan alasan Pemprov  NTB terus berikhtiar mengirim pemuda NTB ke luar negeri. Menurutnya, dengan beasiswa ke luar negeri, akan  muncul dalam dada para mahasiswa adalah semangat merah putih yang terus bergelora.

“Anda dikirim keluar negeri supaya anda sadar, anda adalah elang yang bisa menjadi tokoh dunia dan anda bisa bekerja di World Bank, New York, atau di mana saja di seluruh dunia. Tentunya yang menghadirkan banyak kebaikan dan inspirasi bagi anak-anak NTB,” kata orang nomor satu di NTB ini. (nas)